Tim Monitoring DPMD Terus Awasi Dandes

558

ZONA KOTAMOBAGU – Pengeolaan dana desa (Dandes) oleh semua desa terus diawasi. Tim monitoring bentukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) sedang melakukan monitoring di semua desa. Realisasi kegiatan serta administrasi keuangan menjadi sasaran tim tersebut.

“Monitoring ini sudah menjadi kewajiban. Jadi kita membentuk tim untuk turun ke tiap desa,” kata Plt Kepala DPMD, Teddy Makalalag, Kamis (07/09).

Diungkapkannya, pekerjaan fisik yang dibiayai dari Dandes tahap I sudah hampir rampung. Rata-rata pekerjaan ditiap desa memasuki tahap akhir. “Realisasi rata-rata sudah diatas 80 persen. Kita tinggal menunggu pemasukan SPj tahap I kemudian memproses pencairan tahap II,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Dandes yang diberikan pemerintah pusat tersebut sangat membantu beban daerah dalam proses pembangunan. Oleh karena itu, ia meminta kepada para pengelola dana tersebut agar dapat memanfaatkannya sesuai peruntukkan. “Kita bersykur karena ada dana desa. Setiap tahunnya anggaran yang diterima sangat besar. Itu sangat membantu percepatan pembangunan khususnya di dalam desa. Gunakan anggaran itu sesuai peruntukkannya,” tambahnya.

Di Desa Sia’, Kecamatan Kotamobagu Utara, dandes tahap I diperuntukkan pada pembangunan gedung dan TK-PAUD, Posyandu dan peningkatan jalan usaha tani. Saat ini realisasi pekerjaannya sudah hampir rampung. “Pembangunannya sudah hampir selesai. Tingga finishing saja,” kata Sangadi Sia’, Herto Balansa.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here