Tiap Bulan Petugas Agama dan Guru Mengaji Terima 500 ribu

603
Adin Mantali

ZONA KOTAMOBAGU – Insentif petugas agama dan guru mengaji mengalami kenaikan. Di Tahun 2017, insentif yang diterima petugas agama Rp400 ribu dan guru mengaji Rp300. Sedangkan di tahun ini, insentif yang diterima dinaikkan dan disamaratakan menjadi Rp500 ribu per bulan.

Kenaikan insentif tersebut merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) kepada petugas agama serta guru mengaji yang berperan sentral dalam peningkatan pelayanan masyarakat khususnya di bidang keagamaan. “Tahun ini insentif mereka (petugas agama dan guru mengaji) disamaratakan. Kemudian untuk pencariannya tetap per triwulan,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial (Kesos), Adin Mantali.

Diterangkannya, pembayaran insentif saat ini sudah berbeda dari sebelumnya. 176 orang petugas agama dan 88 guru mengaji yang ada di desa insentifnya dianggarkan melalui Alokasi Dana Desa (ADD) di desa masing-masing. Sedangkan 162 orang guru mengaji dan 424 orang petugas agama kelurahan pembayarannya tetap di Bagian Kesos. “Tahun ini ada ketambahan 40 orang guru mengaji dan 40 orang petugas agama. Itu untuk desa dan kelurahan,” terangnya.

Lanjutnya, proses pencairan insentif tersebut juga berbeda dari sebelumnya. Tahun ini tidak lagi dilakukan secara non tunai tapi sudah melalui bank. “Sekarang kita sementara mengumpulkan data mereka (petugas agama dan guru mengaji) untuk dibuatkan rekening secara massal. Itu khusus yang di kelurahan. Kalau yang di desa pembayarannya belum non tunai,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here