Ratusan Warga Moyag Antusias Ikuti Serbuan Vaksinasi Kodim 1303 Bolmong

250
Tampak pelajar SMP asal Desa Moyag menerima vaksin dosis I dari tenaga vaksinator Kodim 1303 Bolmong.

ZONA KOTAMOBAGU – Ratusan warga di tiga desa yakni Desa Moyag, Moyag Tampoan dan Moyag Todulan, Kecamatan Kotamobagu Timur, sangat antusias mengikuti pelaksanaan ‘Serbuan Vaksinasi Covid-19’ yang digelar Komando Distrik Militer (Kodim) 1303/Bolaang Mongondow (Bolmong), dengan mendirikan gerai vaksin di Desa Moyag, Jumat (7/1).

Data diperoleh, sebanyak 114 masyarakat menjalani dan menerima vaksin baik dosis I dan II, masing-masing; Lansia 27 orang, anak usia 12-17 tahun 28 orang dan masyarakat umum 59 orang. Sementara 5 orang masih ditunda karena tidak lulus screening.

Sejak dibuka pukul 09.00 Wita hingga 16.30 Wita, masyarakat begitu antusias mendatangi gerai vaksinasi yang telah disiapkan pihak Kodim 1303 Bolmong. Masyarakat yang datang langsung dijemput oleh babinsa dan anggota Kodim kemudian mengarahkan masyarakat ke tempat duduk yang sudah disiapkan sambil menunggu nama dipanggil untuk mendapat pelayanan, mulai dari tahap screening (pemeriksaan kesehatan) hingga pemberian dosis vaksin.

Adapun untuk tenaga vaksinator yang dilibatkan dalam serbuan vaksinasi ini yakni tenaga medis dari Rumkitban Kesdim 1303 Bolmong. Untuk vaksin yang disiapkan adalah jenis Sinovac. Vaksin yang terpakai sebanyak 57 vial dari 114 dosis yang diberikan, diantaranya; dosis I, 60 orang dan dosis II, 54 orang.

Babinsa dan anggota Kodim 1303 Bolmong memberikan pelayanan dengan menjemput warga yang datang di gerai vaksinasi serta mendata warga yang akan melakukan vaksinasi.

Sebelum mendapatkan pelayanan vaksinasi, masyarakat terlebih dahulu diberikan wawasan serta pemahaman oleh Babinsa dan anggota Kodim 1303 Bolmong, bahwa program vaksinasi yang tengah digencarkan pemerintah ini sangat aman dan halal karena dapat membentuk kekebalan tubuh komunal.

“Jadi sebelum pelayanan serbuan vaksinasi dibuka, kami turun melakukan sosialisasi serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya program vaksinasi ini. Kami mendatangi masyarakat dengan cara door to door di setiap rumah serta meyakinkan mereka bahwa vaksin yang diberikan aman dan halal serta mencegah dari penularan virus hingga membentuk kekebalan tubuh,” ujar Babinsa Moyag, Serka Sumardi Maengkom.

Menariknya, Babinsa Moyag Serka Sumardi Maengkom dan Babinsa Moyag Todulan Serka Gafar Mamonto serta anggota Kodim saat memberikan pemahaman serta edukasi bagi masyarakat menggunakan bahasa daerah, yakni bahasa Mongondow. “Tadi juga dalam memberi pemahaman tentang vaksinasi kepada masyarakat Lansia (lanjut usia) di setiap rumah, kami menggunakan bahasa mongondow agar mereka mudah memahami tentang pentingnya program vaksinasi dan bahaya Covid-19. Dan alhamdulillah mereka sudah menerima vaksin,” ujar Babinsa Serka Gafar Mamonto.

Sementara itu, Penjabat Sangadi Moyag, Refli Mamonto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 1303 Bolmong, Letkol Inf Raja Gunung Nasution beserta tim vaksinator dan Babinsa yang telah melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 di Desa Moyag.

“Alhamdulillah dengan adanya giat vaksinasi yang digelar pihak Kodim 1303, capaian vaksinasi di Desa Moyag progresnya terus meningkat. Insha Allah tahun 2022 ini seluruh masyarakat Desa Moyag sudah tervaksin,” ujar Refli yang juga Sekretaris Camat Kotamobagu Timur.

Dirinya juga mengimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Moyag yang belum melakukan vaksinasi agar segera mendatangi setiap lokasi pelayanan baik dari Dinas Kesehatan, Kodim 1303 Bolmong hingga Polres Kotamobagu. “Mari lindungi diri dan keluarga kita dari penularan Covid-19 dengan melakukan vaksinasi. Tetap patuhi protokol kesehatan agar kita semua terhindar dari bahaya virus corona dan varian omicron,” imbaunya.

Ditambahkannya, saat ini pemerintah kecamatan hingga pemerintah desa dan kelurahan di wilayah Kecamatan Kotamobagu Timur terus berupaya maksimal agar capaian vaksinasi terus meningkat, mengingat saat ini progres vaksinasi di beberapa desa masih rendah. “Termasuk di desa Moyag bersatu progres capaian vaksinasi masih rendah. Saat ini kami berupaya untuk jemput bola agar progresnya cepat meningkat. Saat ini kita masih menunggu jadwal dari Dinas kesehatan terkait waktu pelayanan vaksinasi. Target kita khusus Lansia semuanya sudah menerima vaksin. Insha allah dalam waktu dekat, pelaksanaan vaksinasi untuk desa moyag bersatu kita pusatkan di Moyag Induk,” tambahnya. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here