10 KRPL Topang Kebutuhan Pangan Rumah Tangga

0
204
10 KRPL Topang Kebutuhan Pangan Rumah Tangga Kotamobagu
Nurachim Mokoagow

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan tanam tanaman pangan. Hal dimaksudkan untuk menjaga ketahanan pangan rumah tangga.

Kepala DKP, Nurachim Mokoagow, mengatakan saat ini sudah 10 Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang tersebar di sepuluh desa dan kelurahan. “Kedepan akan kita tambah lagi KRPL. Disitu ada pemanfaatan pekarangan sebagai lahan pertanian,” katanya.

Ia mengungkapkan, keterkaitan KRPL dengan ketahanan pangan adalah setiap pekarangan rumah memiliki hasil pertanian yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, masyarakat tak lagi harus mengeluarkan biaya untuk membeli kebutuhan pangan rumah tangga. “Kebutuhan pangan rumah tangga bisa diambil dari pekarangan rumah. Jadi ada kontribusinya terhadap ketahanan pangan. Kita juga memberikan bantuan natura dan dana untuk pengembangan KRPL,” ungkapnya.

Kepala Bidang Konsumsi Pemanfaatan Pekarangan, Lestari Nulisa Pudul, menjelaskan 10 KRPL tersebut mendapat bantuan dari APBD, APBD Provinsi dan APBN. “Bantuan dari APBD dan APBD Provinsi berupa bibit, pupuk dan polybag. Itu diberikan ke KRPL di Kelurahan Motoboi Kecil, Molinow, Mongkonai Barat, Tumubui dan Moyag. Kemudian untuk APBN ada kelompok yaitu di Mongkonai Induk, Sinindian, Bida dan Kotamobagu. Bantuannya dalam bentuk dana,” jelasnya. (ads/trz)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here