10 Profesi yang Berpotensi Hilang Digerus Zaman

10 Profesi yang Berpotensi Hilang Digerus Zaman Gaya Hidup

ZONA GAYA HIDUP – Bukan hanya produk yang bisa berhenti produksi. Profesi yang Anda tekuni sekarang ini bisa saja ditelan bumi suatu saat kelak.

Satu contoh kasus sudah terbukti. Profesi sebagai tukang pos pelan-pelan mulai digerus masa. Media sosial semisal Facebook, Twitter, dan pesan elektronik (email) membunuh profesi mereka.

Data statistik tenaga kerja Amerika Serikat menyebut penerimaan pekerja di bidang pos berkurang hingga 28 persen pada 2020. Nantiny, hanya akan ada 139.100 tukang pos di seluruh Negeri Paman Sam.

Namun, bukan hanya profesi tukang pos yang bakal hilang ditelan zaman. Proyeksi outlook BLS seperti dikutip laman businessinsider, Jumat, 16 Oktober 2015, memperkirakan 15 profesi akan hilang ditelan masa:

1. Pekerja pecetakan

Berkurangnya oplah koran dan majalan membuat volume percetakan turun tajam dalam beberapa tahun terakhir. Media konvensional ini perlahan beralih ke format digital.

2. Nelayan

Berkurangnya jumlah ikan serta membaiknya peralatan memancing membuat profesi nelayan di AS pelan-pelan bakal berkurang.

3. Desktop Publisher

Profesi ini biasanya menggunakan perangkat lunak untuk mendesain layout buku, koran, dan publikasi lainnya. Lambat laun profesi ini akan digantikan oleh web designer, graphic designer, dan copy editor.

4. Operator mesin logam dan plastik

Biasanya mereka bertugas untuk mengoperasikan komputer dari mesin-mesin pembuat logam dan plastik. Namun meningkatnya teknologi, kompetisi asing, dan berubahnya permintaan dari barang-barang ini membuat profesi ini lambat laun berkurang.

5. Penilai asuransi

Profesi ini bertugas untuk menilai risiko dari calon nasabah asuransi. Namun dengan perangkat lunak, tugas menilai aplikasi nasabah mulai diambilalih.

6. Pramugari

Ini cukup mengejutkan. Namun seiring ekonomi yang semakin sulit dan tingginya permintaan nilai kontrak membuat maskapai mengurangi jumlah awak kabinnya.

7. Perangkai bunga

Profesi ini membutuhkan keahlian dan kemampuan seni untuk merangkai bunga. Namun kini, masyarakat yang membeli bunga segar perlahan-lahan mulai berkurang dibandingkan kondisi sebelumnya.

8. Penebang Kayu

Sesuai namanya, profesi ini memiliki keahlian memotong kayu di hutan belantara. Namun semakin banyak negara membatasi industri kayu bulan.

9. Agen travel

Para pekerja agen perjalanan biasanya menjual jasa penyewaan transportasi, angkut barang, dan merencanakan perjalanan. Seiring kemudahan traveler menggunakan internet untuk mencari tempat wisata, mereka bisa mem-booking perjalanan sendiri.

10. Reporter, koresponden, dan pengamat berita televisi

Informasi lokal dan internasional selama ini diperoleh melalui pandangan mata reporter. Namun seiring berkurangnya pemasukan media, lowongan kerja untuk industri ini juga mulai berkurang.

Sumber: dream.co.id

Leave a Response