10 Ribu Aparat Siap Amankan Final Piala Presiden 2015

0
306

10 Ribu Aparat Siap Amankan Final Piala Presiden 2015 Hukum

ZONA HUKRIM – Polri akan menurunkan sekitar 10 ribu personel untuk mengamankan area Stadion Gelora Bung Karno pada laga final Piala Presiden antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC, Minggu (18/10).

10 ribu personel tersebut terdiri atas tujuh ribu dari personil Polda Metro Jaya, dua ribu personil dari Pangdam Jaya, serta seribu personil Korps Brimob Polri. 30 ribu personel Jajaran Polda Metro Jaya akan bersiaga satu di seluruh wilayah di Jakarta, terutama titik vital yang akan dilewati suporter Persib.

Pada laga final Piala Presiden, diperkirakan lebih dari 60 ribu pendukung Persib dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Barat akan datang ke Jakarta untuk menyaksikan laga tersebut. Prosedur pengamanan juga akan melibatkan Kepolisian Daerah Jawa Barat dan Sumatera Selatan, terutama untuk mengawal keberangkatan dan kepulangan para suporter.

Isu keamanan menjadi hal paling disoroti dalam pelaksanaan Piala Presiden. Pendukung Persib yang dikenal dengan nama bobotoh memiliki hubungan tidak harmonis dengan Jakmania, atau kelompok suporter Persija yang berbasis di Jakarta.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Tito Karnavian, mengatakan, sebelum memberikan izin penyelenggaraan, Polri telah berkoordinasi dengan berbagai pihak. “Hari selasa sudah melakukan rapat dengan stakeholder, Kodam Jaya, Pemda, jajaran intelejen Binda, koordinator suporter, dan pihak panitia,”

“Kami juga sudah melaporkan kepada Kapolri karena pengamanan juga melibatkan pihak di luar Polda Metro Jaya,” tambah Kapolda saat Jumpa Pers yang juga dihadiri oleh Steering Commitee Piala Presiden Maruarar Sirait dan CEO Mahaka Sports Hassani Abdulgani.

Kapolda juga menjelaskan bahwa sweeping akan dilakukan sejak kelompok suporter memasuki area Jakarta. “Polda Metro Jaya juga akan melakukan sweeping terhadap suporter yang ke area stadion. Minuman keras, laser pointer, dan kembang api akan kami sita,” tegasnya.

Pengamanan untuk suporter Persib, Polda Jabar akan mengawal dari titik keberangkatan bobotoh hingga perbatasan wilayah pengawasan Polda Metro Jaya melingkupi Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Tangerang. Setelah memasuki area Polda Metro Jaya, maka pengamanan terhadap bobotoh akan diserahkan kepada Polda Metro Jaya.

Pola yang sama juga akan dilakukan pada proses pemulangan suporter, yaitu Polda Metro Jaya mengawal hingga wilayah perbatasan, setelahnya diserahkan kepada Polda Jabar.(hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here