106 Desa Diminta Segera Tuntaskan APBDes

0
175
106 Desa Diminta Segera Tuntaskan APBDes Bolmut
Fadly Usup

ZONA BOLMUT — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)  menginformasikan proses penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2019 kini tengah berlangsung. DPMD mengingatkan 106 sangadi di daerah itu untuk mempercepat proses penyusunan APBDes, agar pada akhir bulan ini bisa segera melaksanakan program-program pembangunan desa. Imbauan ini disampaikan Kadis DPMD Fadly Tadjudin Usup SE MSi,  Senin (21/1).

Menurut mantan Camat Bolangitang Barat (Bolbar) ini,  seharusnya APBDes telah selesai disusun pada bulan October atau November tahun lalu sebagaimana APBD di tingkat Kabupaten. Namun karena ada peralihan SIMDA desa dari versi 1.0 ke 2.0, maka harus dilakukan banyak penyesuaian penggunaan aplikasi tersebut. Saat ini kata Usup, proses penyusunan APBDes tahun 2019 tengah dalam pendampingan oleh camat serta para pendamping kecamatan. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan evaluasi di tingkat kabupaten, untuk Selanjutnya ditetapkan oleh masing-masing Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

“Kami sangat berharap seluruh proses yang telah disebutkan tuntas pada bulan ini juga, agar pada akhir Januari Dandes cair dan bermanfaat untuk masyarakat, ” pintanya.  (Rendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here