127 Kelompok Tani Terima Alsintan

0
235

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) terus menggenjot produktifitas hasil pertanian. Berbagai program dan kegiatan dilakukan, termasuk menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani. Alsintan yang diserahkan berupa 1 unit excavator mini, 6 unit tractor roda 4, 24 unit tractor roda 2, 5 unit cultivator, 10 unit pompa air, 76 unit handsprayer dan 15 unit mesin potong rumput.

Senin (1/10), Walikota Tatong Bara menyerahkan secara simbolis bantuan alsintan tersebut kepada kelompok tani penerima. “Harapan kita bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, agar tujuan pemerintah untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian dapat diwujudkan,” harap walikota.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian, Meiva Najoan, mengungkapkan semua alsintan tersebut disiapkan untuk para petani. Tujuannya adalah membantu petani dalam menggarap lahan pertanian, dengan sasaran peningkatan produktiftas hasil pertanian yang muaranya pada peningkatan ekonomi masyarakat. “Untuk excavator mini, tractor roda empat dan roda dua dan satu unit cultivator diberikan ke brigade alsintas Dinas Pertanian. Kemudian alsintan yang lainnya diberikan ke kelompok tani,” ungkapnya.

Ditambahkannya, ada 127 kelompok tani yang mendapatkan bantuan tersebut. Kelompok-kelompok tani itu terdiri dari kelompok tani sawah, jagung, holtikulura dan lainnya. “Setelah memberikan bantuan ini, kita akan awasi penggunaannya di lapangan. Kalau ada kelompok tani yang tidak memanfaatkan bantuan ini sesuai peruntukkannya atau ada yang sudah tidak aktif lagi, maka bisa saja bantuan yang diberikan ditarik kembali dan diserahkan ke kelompok yang lain,” tambahnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here