14 KIM Diajari Cara Menulis Berita

14 KIM Diajari Cara Menulis Berita Kotamobagu
Peserta sosialisasi dan pemberdayaan KIM mendapatkan materi soal dasar-dasar jurnalistik.

ZONA KOTAMOBAGU – 14 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dibekali ilmu jurnalistik melalui sosialisasi dan pemberdayaan KIM yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Dengan menggandeng wartawan yang bertugas meliput di Kota Kotamobagu sebagai pemateri, KIM diajari teknik dasar menulis berita.

“Dasar-dasar jurnalistik sangat penting untuk diketahui dalam menulis atau menyajikan informasi. Apalagi informasi itu akan dimuat di website masing-masing KIM,” kata pemateri, Niko Paat.

Kepala Bidang Statistik Informasi dan Komunikasi Publik (SIKP), Fahri Damopolii, mengungkapkan materi soal jurnalistik yang diberikan ke peserta lebih dititikberatkan pada jenis-jenis berita. “KIM harus menguasi materi hingga prakteknya, agar nantinya informasi yang disajikan melalui website bisa terarah dan dimengerti oleh masyarakat atau pembaca,” ungkapnya.

Lanjutnya, materi dasar-dasar jurnalistik sangat penting bagi anggota KIM dalam rangka menyampaikan informasi melalui website masing-masing. “Kita harap materi yang didapat melalui kegiatan ini bisa diterapkan di lapangan nanti,” ujarnya.

Selain materi soal dasar-dasar jurnalistik tersebut, para anggota KIM sebelumnya juga sudah diberi berbagai materi seperti program inovasi desa dan kelurahan, internet sehat, pemanfaatan website sebagai media promosi dan publikasi, pemanfaatan saluran komunikasi elektronik, jurnalisme warga hingga design dan pembuatan blog. (ads/trz)

Leave a Response