15.056 UMKM Serap Puluhan Ribu Tenaga Kerja

15.056 UMKM Serap Puluhan Ribu Tenaga Kerja Kotamobagu
Herman Aray

ZONA KOTAMOBAGU – Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus didorong. Data di Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM), ada 15.056 UMKM yang terdiri dari 14.837 Usaha Mikro Kecil (UMK) dan 219 Usaha Mikro Besar (UMB).

Kepala Disdagkop dan UKM, Herman Aray, mengatakan kehadiran UMKM di Kota Kotamobagu sangat berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu UMKM yang ada juga katanya ikut menyerap banyak tenaga kerja. “Jumlah pekerja pada usaha mikro kecil sebanyak 28.308 tenaga kerja. Kemudian 4.607 orang menjadi pekerja pada usaha mikro besar. Penyerapan tenaga kerja untuk UMKM ini cukup besar, dampaknya juga pada peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Aray.

Ia mengungkapkan, pihaknya terus mendorong pengembangan UMKM yang ada di Kota Kotamobagu. Selain memberi bantuan dan pelatihan terhadap para pelaku usaha, Pemkot juga memudahkan setiap pelaku usaha mendapatkan ijin usaha secara gratis. “Semua ini kita lakukan dengan tujuan untuk memberi akses dan ruang bagi setiap pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya masing-masing,” ungkapnya.

Disisi lain, ia meminta para pelaku UMKM untuk terus memperbaiki kualitas produk usahanya masing-masing. Hal itu penting dilakukan agar produk usaha yang dihasilkan bisa bersaing dengan produk-produk lainnya terutama yang berasal dari daerah lain. “Misalnya untuk produk usaha kacang goyang, selain kualitas rasa juga diperhatikan kemasannya agar bisa menarik minat masyarakat untuk membelinya,” imbaunya. (ads/trz)

Leave a Response