15 Desa di Kotamobagu Bakal Terima Rp 5,73 Miliar

15 Desa di Kotamobagu Bakal Terima Rp 5,73 Miliar Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu telah menyiapakan Dana Desa (Dandes) senilai Rp 5,73 Miliar untuk 15 desa di wilayanya. Hal itu sebagaimana dikatakan Kepala DPPKAD melalui Kabit Angaran dan Perbendaharaan, Syafrudin Abas, bahwa pencairan Dandes akan dilakukan tiga tahap.

“Pencairan dana desa tahap awal diberikan 40%. Tahap dua juga 40% dan pencairan tahap ketiga 20%. Namun, syarat untuk melakukan pencairan dana tersebut setiap desa yang ada harus menyiapkan dokumen APBD desa, laporan realisasi pengunaan Dandes tahap ketiga di tahun yang sebelumnya,” kata Abas.

Selain Dandes, dari 15 desa yang ada di Kotamobagu bakal mendapatkan juga dana transfer dari Pemerintah Kotamobagu yang diambil dari bagi hasil pajak daerah dan retribusi daerah.

“Total anggaran untuk bagi hasil senilai 1,3 Miliar. Anggaran yang telah disediakan ini telah tertata dalam APBD. Untuk pembagian dana tersebut akan dilihat dari masing masing desa. Seperti, luas wilayah, jumlah penduduk, dan letak geografis,” terang Abas sembari menambahkan, dana yang akan direalisasikan kepada 15 desa itu untuk digunakan pada pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Reporter: Gito Mokoagow

Leave a Response