150 Berkas Tilang, Hanya 20 Terdakwa Ikut Sidang

0
451

150 Berkas Tilang, Hanya 20 Terdakwa Ikut Sidang Hukum

 

ZONA HUKRIM – Jumat (17/01) sekira pukul 09.00 WITA. Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu, menggelar sidang 150 berkas kasus pelanggaran lalulintas, namun yang ikut persidangan hanya 20 orang, sisanya diputus verstek (putus tanpa dihadiri terdakwa).

Dalam persidangan yang dipimpin hakim tunggal Juply S. Pansariang SH MH pagi tadi, didominasi oleh terdakwa yang melakukan pelanggaran terhadap perlengkapan dan surat berkendara, seperti tidak menggunakan helm, tidak bisa menunjukan surat izin mengemudi (SIM), menggunakan kenalpot bising, juga melanggar rambu-rambu lalulintas.

Dalam persidangan hakim membaca sanksi denda yang bervariasi kepada setiap pelanggaran yang dilakukan saat berkendara , antara 25 hingga denda 35 ribu. Besarnya jumlah terdakwa yang tidak mengikuti sidang, akan menerima denda yang berbeda dengan yang mengikuti sidang, karena verstek.

Hamim Tunggal Juply S Pansariang SH saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut, Humas PN Kotamobagu ini mengatakan, dengan diputus verstek biaya denda akan lebih besar. “Untuk itu diharapkan kepada para pelanggar, khususnya masyarakat yang kena tilang, agar mengikuti sidang sesuai dengan yang dijadwalkan,” singkat Pansariang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here