16 miliar untuk Sarana Penunjang RSUD

0
257
16 miliar untuk Sarana Penunjang RSUD Kotamobagu
Alfian Hasan

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) terus berupaya meningkatkan infrastruktur kesehatan. Setelah merampungkan fisik bangunan ‘gedung kembar’ atau tower A dan B Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Pemkot kembali membangun sarana penunjang lainnya untuk menunjang pelayanan ke masyarakat di rumah sakit yang berlokasi di Kelurahan Pobundayan, Kecamatan Kotamobagu Selatan itu.

Anggaran sebesar Rp16 miliar yang bersumber dari DAK dan BKK telah siap untuk membiayai pembangunan sarana penunjang, seperti gedung ICCU, radiologi, laboratorium, pemulasaran jenazah, instalasi farmasi dan instalasi unit transfusi. Saat ini, sedang berproses di Unit Layanan Pengadaan (ULP) pelelangnan pekerjaan kasa konsultasi perencanaan pembangunan sarana penunjang tersebut.

“Sekarang sementara proses lelang DED (Detail Engineering Design). Insya Allah Bulan April lelang fisiknya,” kata Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan, Alfian Hasan.

RSUD Kotamobagu tersebut dipersiapkan sebagai rumah sakit rujukan regional di Bolmong Raya dan beberapa daerah tetangga lainnya seperti Kabupaten Minahasa Selatan dan Minahasa Utara. Selain menggenjot pembangunan infrastruktur, Pemkot juga terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Insya allah jika sudah rampung semuanya, rumah sakit ini segera beroperasi dan nantinya akan menjadi rujukan di Bolmong Raya,” ujarnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here