180 Petugas Verifikasi dan Validasi DT-KS Ikut Bimtek

0
59

180 Petugas Verifikasi dan Validasi DT-KS Ikut Bimtek Headline Kotamobagu  ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Sosial (Dinsos) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DT-KS) kepada 180 petugas di 33 desa dan kelurahan se-Kotamobagu, Selasa (21/7).

Sekretaris Dinas Sosial, Roi Paputungan, mengatakan ada 9000-an Kepala Keluarga (KK) di DT-KS yang akan kembali dilakukan pendataan oleh 180 petugas yang diberikan Bimtek. “Jadi untuk verifikasi kali ini, kami melakukan skema untuk satu orang petugas melakukan pendataan kepada 50 Kepala Keluarga (KK) yang masuk dalam DT-KS,” kata Roi.

Ia menerangkan, dalam melakukan verifikasi dan validasi, petugas mengacu pada data Januari 2020. “Ketika turun mereka (petugas) akan membawa form atau blanko yang akan diisi oleh para kepala keluarga yang mereka data. Dari data tersebut selanjutnya akan dimasukkan ke pemerintah desa, sehingga bila ada yang dinilai sudah tidak masuk dalam kategori masyarakat kurang mampu, pemerintah desa bisa melakukan pengusulan pengganti,” terangnya.

Lanjutnya, untuk pelaksanaan Bimtek berlangsung selama dua hari dimana untuk hari ini, Selasa (21/7) untuk petugas pendataan wilayah Kecamatan Kotamobagu Utara dan Timur, dan untuk Rabu (22/7) besok akan dilanjutkan pemberian bimtek untuk petugas pendataan di wilayah Kecamatan Kotamobagu Barat dan Selatan. “Setelah selesai mengikuti bimtek, selanjutnya para petugas langsung turun melakukan verifikasi dan validasi DT-KS,” tukasnya. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here