186 KK Akan Terima 2,8 BCP

186 KK Akan Terima 2,8 BCP Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) segera menyalurkan 2,8 ton Beras Cadangan Pemerintah (BCP) kepada 186 kepala keluarga (KK) kurang mampu. Melalui instansi terkait, saat ini Pemkot sedang mengumpulkan data penerima dari tiap desa dan kelurahan.

“Yang akan disalurkan ini adalah tahap II. Untuk tahap I sudah selesai disalurkan,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Nurachim Mokoagow.

Ia menjelaskan, penyaluran BCP tersebut untuk menjaga stabilitas harga pangan yang berpotensi melonjak di musim kemarau seperti saat ini. Namun demikian, ia mengaku harga pangan di pasaran masih terbilang stabil. “Kalau ada kenaikan lebih dari 10 persen harga normal, maka kita akan melakukan intervensi. Tapi untuk saat ini masih stabil, kalaupun ada kenaikan tidak melewati koefesien harga pangan,” jelasnya.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Ashar Kulo, mengungkapkan ada 1.000 KK yang tercatat sebagai penerima BCP. Dari jumlah itu, 814 diantaranya telah menerima BCP pada penyaluran tahap I beberapa waktu lalu. “Sisanya masih ada 186, itu akan menerima sisa beras cadangan yang ada. Kalau semua data penerima di desa dan kelurahan masuk, akan langsung kita salurkan. Sekarang ini baru ada 10 desa yang memasukkannya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pengumpulan data itu harus dipercepat agar sisa BCP yang ada bisa segera tersalurkan. “Kita harap pemerintah desa dan kelurahan bisa segera memasukkan datanya, karena itu menjadi acuan kita dalam penyaluran nanti,” tambahnya. (ads/trz)

Leave a Response