200 Sekdes di Bolmong Ikut Bimtek

0
214

200 Sekdes di Bolmong Ikut Bimtek Bolmong

ZONA BOLMONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolmong menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aparatur Pemerintahan Desa Dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa Tahun 2017. Bimntek yang digelar di Hotel Sutan Raja Kotamobagu pada Rabu (03/05) siang, dibuka Asisten Administrasi Pemerintahan Sekda Christofel Titov Kamasaan dan diikuti 200 Sekertaris Desa (Sekdes) se-Bolmong.

Dalam sambutannya, Kamasaan mengatakan bahwa desa adalah ujung tombak pemerintahan yang merupakan satu kesatuan masyarakat hukum dan memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat. “Sekdes adalah salah satu yang mengatur dan mengurus masyarakat,” ungkapnya.

Lanjutnya, desa sebagai basis penyelenggaraan pelayanan publik, sehingga untuk dapat menjalankan peran tersebut secara efektif dan efisien, diperlukan adanya pengembangan dan peningkatan pengetahuan aparatur pemerintah desa, yang sesuai dengan perkembangan kemajuan masyarakat.

“Sekdes sebagai penyelenggara diimbangi pula dengan pengembangan kapasitas aparatur pemerintah desa agar berdampak pada perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat desa,” ungkapnya.

Ia mengingatkan. melalui pelaksanaan bimbingan teknis kali ini diharap seluruh peserta dapat memahami dengan baik manajemen pemerintahan desa dalam aspek perencanaan, pengawasan, kelembagaan dan keuangan desa. Termasuk laporan penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Peserta harusnya dapat memahami kegiatan ini agar nantinya diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Sehingga fungsi pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan di desa dapat terlaksana dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Albert Tangkere dalam Laporannya mengatakan tujuan pelaksanaan bimtek ini untuk meningkatkan pelayanan prima terhadapa masyarakat. “Bimtek ini untuk meningkatkan pemahaman tentang administrasi dan pengelolaan keuangan desa agar bisa berdampak pada masyarakat.” Tutupnya.(gung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here