2015, DKP Boltim Salurkan Bantuan Kelompok Nelayan

0
645
2015, DKP Boltim Salurkan Bantuan Kelompok Nelayan Boltim
Kepala DKP Boltim, Ikhsan Pangalima

ZONA BOLTIM – Tahun 2015 mendatang, para kelompok nelayan yang aktif dan belum terdaftar sebagai calon penerima bantuan tahun 2014, diperkirakan akan menerima bantuan dari Pemerintah daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Kelautan Perikanan (DKP).

Hal ini dikatakan Kepala DKP Boltim, Ikhsan Pangalima. Dia menjelaskan, anggaran usulan total sebesar Rp10 miliar nantinya akan disusun dalam Rancangan Kerja Anggaran (RKA) yang masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015.

‚ÄúTotal anggaran usulan Rp10 miliar untuk pengadaan 200 unit perahu nelayan, 30 mesin tempel serta penyediaan alat pemasaran produksi seperti, 30 unit freezer, 150 unit coolbox (tempat ikan,red) dan 170 keranjang ikan,” kata Ikhsan.

Lanjutnya, program yang diadakan untuk peningkatan kesejahteraan dan kemandirian para nelayan, juga menyediakan alat pengolahan perikanan berupa ice crusher 10 unit, open pengasapan, alat pengolahan abon ikan dan bakso masing-masing 10 unit. “Semua fasilitas itu akan diberikan kepada kelompok-kelompok nelayan di Kecamatan Nuangan, Tutuyan dan Kotabunan,” ungkap Ikhsan

Kelompok nelayan yang mendapat calon penerima bantuan, sesuai dengan nama ajuan proposal pada tahun 2014 ini dan belum ter-cover di tahun sebelumnya. “Itu yang akan diproritaskan pada tahun depan, dan kita mengupayakan agar semua kelompok bisa terakomodir,” katanya

Lebh lanjut Ikhsan mengatakan, untuk pemberian bantuan tersebut selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemandirian juga sebagai upaya untuk pencapaian akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk mewujudkan visi misi dari Bupati dan Wakil bupati Boltim.

“Tentunya dengan harapan bantuan yang diberikan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat khususnya para nelayan diwilaya Boltim,” ujar Ikhsan.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here