2017, Dinkes Kotamobagu Usulkan Akreditas Tiga Puskesmas

0
440
2017, Dinkes Kotamobagu Usulkan Akreditas Tiga Puskesmas Kotamobagu
Nur Djannah Masloman

ZONA KOTAMOBAGU – Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mengusulkan beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) guna mendapatkan akreditas dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Nur Djannah Masloman mengatakan, pihaknya mengusulkan dua  puskesmas guna mendapatkan pengakuan secara legal terkait kelayakan PKM.

“Sementara ini, yang diusulkan baru PKM Gogagoman dan Motoboi Kecil. Namun, semua PKM akan diusulkan untuk mendapatkan akreditas tapi akan dilakukan secara bertahap,” kata Masloman.

Dijelaskan, ada beberapa kriteria bagi PKM yang akan diusulkan untuk akreditas, di antaranya Kepala PKM sudah mengikuti pelatihan manajemen PKM, sarana dan prasarana sudah terpenuhi, serta  anggaran untuk pendamping akreditas, “Nah, untuk kriteria PKM lain, sebenarnya tidak ada masalah atau kendala,” jelasnya.

Lanjut Masloman, 2017 mendatang akan ada tiga PKM yang akan diusulkan, di antaranya PKM Kotobangon, Upay serta Bilalang. “Tahun ini dua PKM yang diusulkan. Di tahun 2017 di usulkan 3 PKM lagi,” katanya sembari menambahkan, saat ini tim akreditasi dari Kemenkes RI sudah berada di Kotamobagu. Bahkan sudah mulai melakukan uji kelayakan, di PKM Motoboi, melakukan uji kelayakan selama tiga hari.

Diketahui, hal tersebut sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No.75/2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dan Permenkes No.46/2015 tentang Akreditas Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here