2023 KK Terdampak Kemarau, BPBD Siap Suplai Air Bersih

0
203
2023 KK Terdampak Kemarau, BPBD Siap Suplai Air Bersih Bolmut
Victor Nanlessy

ZONA BOLMUT – Dampak musim kemarau yang terjadi di sejumlah daerah termasuk di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), mulai dirasakan masyarakat. Selain ancaman kekeringan pada lahan pertanian, kondisi ini membuat warga di sejumlah desa kesulitan mendapatkan air bersih. Sumur-sumur yang selama ini menjadi sumber mata air dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari kini mulai kering.

Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ada 2.023 dari 16 desa yang tersebar di enam wilayah kecamatan yang mengalami krisisi air bersih.

“Kita sudah siapkan sarana penampung air bersih berkapsitas 1.100 liter. Kita juga akan turun lapangan. Kalau besok sudah ada SK bupati, kita langsung action,” kata Kepala BPBD, Victor Nanlessy.

Sementara itu, Anggota DPRD Abdul Eba Nani, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) merespon cepat soal apa yang dialami masyarakat sebagai dampak dari musim kemarau yang berkepanjangan saat ini. “Seperti kita ketahui bersama, bahwa banyak daerah di Indonesia yang mengalami kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan. Ini harus jadi perhatian serius pemerintah daerah,” kata Eba.

Soal tindak lanjut di lapangan, ia mengungkapkan BPBD tak perlu menunggu SK bupati. “Yang paling penting adalah kebutuhan masyarakat. SK itukan hanya persoalan administrasi saja,” tambahnya. (Rendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here