Bagikan Bantuan Paket Belajar, PT. ASA Goes To School di SMK N 1 Kotabunan

229

ZONA BOLTIM – PT. Arafura Surya Alam (ASA), melaksanakan ASA Goes to School di SMK Negeri 1 Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Jumat (17/03/2023).

Kunjungan yang dihadiri langsung Direktur Utama PT. ASA Arif Perdanakusuma didampingi GM External Relation, Irwan Lupoyo dan Manager External Relation, Andreas Bolitobi tersebut, disambut dengan meriah oleh siswa – siswi SMK Negeri 1 Kotabunan.

Pantauan media ini, sebelum memasuki area sekolah, rombongan terlebih dahulu disambut dengan atraksi drum band, selanjutnya dilakukan pengalungan bunga kepada pimpinan PT ASA sebagai bentuk penghormatan kepada tamu khusus. Pada kesempatan tersebut, rombongan juga disuguhi dengan tarian dari siswa – siswi sebagai ungkapan selamat datang.

Kepala SMK Negeri 1 Kotabunan, Sonya Sugianto, dalan sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT ASA yang sudah berkunjung di sekolah andalan di Kabupaten Boltim tersebut.

Sonya mengatakan, selama ini PT ASA sangat mendukung pengembangan sekolah di SMK Negeri 1 Kotabunan, tentunya ini membuktikan kepedulian pihak perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan emas dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Boltim, terlebih khusus kecamatan Kotabunan.

“Sejak tahun 2017, PT. ASA sudah banyak membantu sekolah ini, kita menjalin kerjasama yang cukup Intens yakni kerjasama yang meliputi guru tamu, karena kami kekurangan guru, waktu itu kami bermohon untuk bisa dikirimkan guru dan pihak perusahaan merespon permintaan kami dengan mengirimkan tenaga pengajar di sekolah ini. Kemudian kerjasama berikut pihak sekolah mengundang tenaga ahli PT ASA untuk menjadi tim asesor pada ujian UKK yang dilaksanakan setiap tahun dan itu rutin,” ungkap Sonya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. ASA, Arif Perdanakusuma dalam sambutannya mengungkapkan, pihak mengucapkan terima kasih atas penyambutan yang sangat luar biasa di SMK Negeri 1 Kotabunan.

Arif mengungkapkan, PT ASA adalah perusahaan pertambangan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Boltim.

“Nah, kami sebagai perusahaan tambang salah satu tanggung jawab kami adalah tanggung jawab sosial. Tentunya dalam hal ini salah satu tanggung jawab sosialnya adalah dalam bentuk program pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam hal ini adalah pendidikan,” terangnya.

Arif juga mengatakan, tingkat keberhasilan membangun suatu proyek salah satu keberhasilan dihitung dan dilihat dimana tingkat pendidikan di suatu daerah itu maju.

“Jika tingkat pendidikan tidak maju itu dampaknya sangat panjang dan luas, untuk itu kami dari perusahaan ikut serta dengan pemerintah meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” jelasnya.

Ia berharap, mudah-mudahan kegiatan ini merupakan awal dari kolaborasi antara PT ASA dengan SMK Negeri 1 Kotabunan. Dan apa yang disampaikan kepala sekolah akan terlaksana.

“Kami dari pihak perusahaan sebetulnya banyak sekali ruang yang nantinya bisa terbuka untuk menjalin kolaborasi jangka panjang,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Arif juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-16 untuk SMK Negeri 1 Kotabunan.

“Semoga di hari ulang tahun yang ke-16, sekolah ini bisa tambah maju dan sukses serta apa yang diharapkan oleh pihak sekolah akan tercapai dalam waktu dekat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, pimpinan PT ASA juga menyerahkan secara simbolis bantuan paket belajar kepada siswa – siswi, dilanjutkan dengan meninjau Lab Agribisnis SMK Negeri 1 Kotabunan. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here