21 Miliar Untuk 80 Desa

0
364

21 Miliar Untuk 80 Desa Boltim

ZONA BOLTIM – Tahun anggaran 2014 mendatang, Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim mengalokasikan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp.21 Miliar untuk 80 Desa.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Drs Rusdi Gumalangit. Katanya, besaran ADD tersebut sudah termasuk insentif para imam dan pendeta, serta Tunjangan Aparatur Pemerintah Desa (TAPD).

Namun khusus untuk pembayaran insentif dan TAPD kata dia, akan dibuatkan juknis sendiri. Dengan kata lain, Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dibuat masing-masing. “Kami sedang mengatur juknisnya, agar pembayaran TAPD serta insentif imam dan pendeta bisa terbayar setiap triwulan,” ujar Gumalangit.

Lanjutnya, untuk pengelolaan ADD, pihaknya hanya memproses administrasinya saja. Sedangkan untuk dananya berada di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD). “Yang jelas soal Juknis ADD akan dibuat sendiri-sendiri. Mulai oprasional pemerintah desa, PKK, TAPD, insentif imam dan pendeta, SPJnya masing-masing,” ungkap Gumalangit.

Mantan Camat Modayag itu menambahakan, bagi 80 Desa yang akan menjadi pengelolah ADD bisa membuat SPJ dengan baik, karena selama ini selalu menjadi penghambat penyaluran ADD adalah masalah SPJ. “Anggaranya ada dan pasti dicairkan, asalkan mampu mempertanggungjawabkan secara administrasi,” tambah Gumalangit.(rm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here