29 Siswa-Siswi SMP tak Lulus Ujian

0
116
29 Siswa-Siswi SMP tak Lulus Ujian Kotamobagu Pendidikan
Rukmi Simbala

ZONA KOTAMOBAGU – Meski belum ada pengumuman resmi soal hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), namun hampir dipastikan 29 siswa dan siswi SMP sederajat yang tak lulus ujian nasional tahun ini. Pasalnya, ke-29 siswa tersebut tak mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejak hari pertama hingga hari terakhir pelaksanaannya.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Rukmi Simbala, 29 peserta yang tidak ikut UNBK tersebut rata-rata tak ikut ujian semester dan sudah tidak aktiv lagi mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. “Mereka tidak ikut ujian semester sampai ujian nasional ini, tapi nama mereka sudah masuk dalam daftar peserta ujian,” katanya.

Ia mengakui, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya agar semua peserta tersebut bisa ikut UNBK. Salah satu yang dilakukan adalah mendatangi rumah masing-masing peserta agar mengikuti pelaksanaan ujian nasional.

“Pihak sekolah sudah mendatangi rumah mereka, kemudian mengkomunikasikan dengan orang tua masing-masing, tapi mungkin siswa yang bersangkutan sudah tidak ada keinginan lagi ikut ujian,” sebutnya.

Ia mengungkapkan, secara keseluruhan siswa yang aktiv mengikuti proses belajar mengajar semuanya mengikuti UNBK sejak hari pertama hingga hari terakhir pelaksanaan ujian. “Tidak ada yang ikut ujian susulan. Dan alhamdulillah UNBK tahun ini berjalan lancar,” ungkapnya.

Ditambahkannya, setelah mengikuti ujian, para siswa-siswi tinggal menunggu pengumuman hasil. “Pengumumannya sekitar akhir Bulan Mei. Kita harap agar semua bisa mendapat hasil memuaskan dan setiap siswa dan siswi bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” tambahnya.

Diketahui, dari semua sekolah SMP dan MTs di Kota Kotamobagu, hanya tiga diantaranya yang melaksanakan UNBK secara mandiri, yakni SMP Negeri 1 Kotamobagu, SMP Kristen dan SMP Katolik. Sedangkan sekolah lainnya mengikuti ujian di beberapa SMK yang memiliki fasilitas komputer yang memadai. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here