3 Sangadi Diperiksa Dugaan Korupsi Dandes, Kapolres Boltim: Semoga Tidak Berkembang ke Kepala Desa Lainnya

0
246
3 Sangadi Diperiksa Dugaan Korupsi Dandes, Kapolres Boltim: Semoga Tidak Berkembang ke Kepala Desa Lainnya Boltim Headline Hukum
AKBP Irham Halid SIK.

ZONA HUKUM – Polres Bolaang Mongondow Timur (Boltim) saat ini tengah melakukan pemeriksaan kepada 3 Sangadi (Kepala Desa) terkait dugaan penyalahgunaan Dana Desa (Dandes) tahun anggaran 2019-2020.

“Sampai hari ini sudah tiga sangadi yang kita undang untuk klarifikasi terkait penggunaan dana desa,” kata Kapolres Boltim, AKBP Irham Halid SIK, kepada sejumlah awak media usai kegiatan pencanangan kampung tangguh nusantara di Desa Sumber Rejo, Kamis (1/2) malam.

Menurut Kapolres, pemanggilan kepada tiga sangadi ini berdasarkan laporan masyarakat yang diterima pihaknya. “Dari informasi yang berkembang di masyarakat, apa yang mereka temukan di lapangan, mereka sampaikan dan laporkan, nah kita tindak lanjuti,” ujar Kapolres.

Mantan Kasubdit 4 Ditreskrimsus Polda Sulut ini berharap, agar para sangadi yang menerima panggilan dari pihaknya agar dapat memberikan klarifikasi dan berlaku proaktif.

“Semoga laporan dugaan penyalahgunaan uang negara ini tidak berkembang untuk kepala desa lainnya, jikalau memang masih ada laporan dari masyarakat pasti akan kita tindaklanjuti dengan pemanggilan untuk dimintai keterangan. Bukan langsung begitu kita undang di kantor kepolisian langsung dinyatakan statusnya sebagai tersangka, kan bukan begitu prosedurnya,” terangnya.

Disisi lain, Irham mengimbau kepada para sangadi dan aparat desa se-Boltim agar memanfaatkan anggaran yang dikucurkan pemerintah hanya untuk kepentingan pembangunan, bukan untuk pribadi. “Anggaran itu bukan punya sangadi, karena anggaran yang diberikan oleh negara bersumber dari pajak rakyat, itu harus dimanfaatkan dengan baik dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab untuk pembangunan di daerah,” pungkasnya.

Meskipun demikian, untuk kerugian negara hingga saat ini belum bisa dipastikan. Tim penyidik masih terus melakukan penyelidikan kepada para sangadi yang diduga mengetahui aliran Dana Desa tersebut. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here