Awasi Pekerjaan Proyek, Dinas PUPR Gandeng TP4D

0
332

Awasi Pekerjaan Proyek, Dinas PUPR Gandeng TP4D Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotamobagu siap mengawal sekaligus mengamankan pelaksanaan pekerjaan empat paket proyek fisik di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tahun Anggaran 2018.

Empat proyek tersebut yakni, pemeliharaan berkala Jalan Siliwangi Kelurahan Kotobangon, pemeliharaan berkala Jalan Veteran, Adampe Dolot dan Teuku Umar, pembangunan talud penguat tebing Kelurahan Sinindian dan pembangunan talud Sungai Agoan.

Ketua TP4D Kejari Kotamobagu, Evans Sinulingga SE SH MH, mengatakan dalam pelaksanaan pengawasan di lapangan, pihaknya menggandeng pihak politeknik Manado untuk meminta pendapat terhadap hasil pekerjaan yang dilaksanakan.

“Kita akan awasi pelaksanaan pekerjaan sesuai yang tertuang dalam dokumen kontrak,” katanya, disela kegiatan expose bersama TP4D Kejari Kotamobagu dengan Dinas PUPR, Kamis (15/3).

Lanjutnya, selain pengawasan pekerjaan di lapangan, pihaknya juga akan memperhatikan kualitas dan realisasi pekerjaan yang dilaksanakan pihak ketiga.

“Kemudian sebelum dilakukan pembayaran, kita akan lihat dulu apakah layak atau bagaimana, setelah itu baru kita keluarkan rekomendasi untuk pembayaran pekerjaan,” ujar Kasie Intel Kejari Kotamobagu itu.

Dijelaskannya, TP4D bertugas mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya pencegahan dan persuasif di daerah. Selain itu, TP4D juga dapat memberikan pendampingan hukum dalam setiap tahapan program pembangunan dari tahap perencanaan, pengawasan serta hambatan dan kendala yang mungkin dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan nanti.

“Kegiatan itu dilakukan dalam rangka melaksanakan tugas dan wewenang Kejaksaan Republik Indonesia dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi sebagaimana tertuang dalam instruksi presiden nomor 7 Tahun 2015 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Sande Dodo, mengatakan seluruh kegiatan yang dilaksanakan sangat mmbutuhkan pendampingan dan pengawasan dari pihak penegak hukum, agar dalam pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik sesuai yang direncanakan.

“Kita harap melalui kerja sama dengan TP4D ini, semua pekerjaan yang dilaksanakan bisa selesai tepat waktu, tepat sasaran dan tepat mutu sesuai yang tertuang dalam dokumen kontrak,” katanya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here