Peringati Hardiknas, Bupati Tekankan Soal Pentingnya Pendidikan

Peringati Hardiknas, Bupati Tekankan Soal Pentingnya Pendidikan Bolmut Pendidikan
Bupati Drs Hi Depri Pontoh saat menjadi Inspektur Upacara dalam rangka peringatan Hardiknas.

ZONA BOLMUT — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5).

Bupati Drs Hi Depri Pontoh saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), menyampaikan bahwa tema Hardiknas Tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, yang mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman  kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi mewujudkan Indonesia yang berkemajuan.

Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi yang terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dikatakan, hadirnya Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi cara hidup, bekerja dan belajar. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat.

Kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan keluarga, Sekolah dan masyaraka yang harus saling mendukung dan menguatkan. Kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai keterbatasan yang masih ada dalam proses pembangunan pendidikan dan kebudayaan di tanah air. Diketahui anggaran pendidikan sebesar 63 persen dikelola oleh Daerah.

“Dalam konteks ini, pembangunan pendidikan dan kebudayaan akan berjalan optimal manakala Pemerintah Daerah dan segenap pemangku kepentingan yang ada proaktif dan lebih aktif dalam mendorong kemajuan pendidikan dan kebudayaan,” kata bupati.

Upacara itu dihadiri Wakil Bupati Drs Hi Amin Lasena MAP, Sekretaris Daerah Dr Drs Hi Asripan Nani MSi, Unsur Forkopimda, Pimpinan Perangkat Daerah serta jajaran ASN. (Rendy)

Leave a Response