5 Fakta Unik Android

0
659

Android, kata yang mulai begitu famliar di telinga masyarakat Bolaang Mongondow Raya, fitur-fitur canggih dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan menjadi kunci sukses gadget itu untuk mendominasi pasar smarthphone. Tapi tahukah hal-hal unik tentang android, berikut lima fakta unik yang berhasil dirangkum zonabmr.com tentang sistem operasi milik google ini?

1. Penciptaan Android

Sebelum dibeli Google pada 17 Agustus 2005, Android adalah sebuah perusahaan bernama Android, Inc yang bertempat di Palo Alto, California. Didirikan oleh dua sahabat Andy Rubin dan Rich Miner tahun 2003, proyek ini bertujuan awal untuk membuat sistem operasi canggih yang diperuntukan bagi kamera digital, namun karena pertimbangan pasar, android kemudian banting setir dengan mengubah peruntukannya ke telepon pintar untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile (iPhone belum rilis saat itu).

2. Logo Android

Saat pertama mendengar kata “Android”, langsung terbayang-bayang di kepala kita logo robot hijau dengan antena kecil di kepala. Tapi tahukah anda, logo android pertama kali jauh dari kata menarik, justru cenderung mengerikan. coba perhatikan saja gambar ini.

5 Fakta Unik Android Tahukah Anda?
Logo Awal Android

logo diatas kemudian diganti dengan logo yang digunakan saat ini. Irina Blok adalah orang yang berhasil mendesain ulang logo android, terinspirasi dari simbol manusia yang terdapat di pintu toilet dia kemudian memodifikasi bentuknya menjadi bentuk robot.

3. Nama versi-versi android

Android memberikan nama-nama versinya sesuai dengan urutan alphabet, tidak hanya itu android juga menggunakan nama-nama makanan penutup di setiap versinya. entah untuk tujuan apa, namun Android berhasil memberi kesan yang terdengar sangat unik ditelinga kita. seperti, Cupcake (Android 1.5), Donut (Android 1.6), Éclair (Android 2.1), Froyo (Android 2.2), Gingerbread (Android 2.3), Honeycomb (Android 3.0), Ice Cream Sandwich (Android 4.0) Jely Bean (Android 4.1) dan yang terkini adalah KitKat (Android 4.4).

4. Open Source (Gratis)

Open Source yang dimaksudkan adalah Android mengijinkan kita menggunakan kode sumber (Source Code) Android untuk mengembangkan dan mendistribusikan versi modifikasi Android buatan kita sendiri. jadi kita bisa dengan leluasa membuat Android versi kita sendiri sesuai dengan kemauan dan kebutuhan kita.

5. Android, Produk dengan Pertumbuhan Tercepat di Industri Teknologi

Sudah menjadi fakta bahwa Android telah meroket di dunia telpon pintar, dan kita juga tahu Android sebagai penguasa platform mobile. Namun ternyata Andaroid juga menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar kekuatan dominan baru, tetapi sebuah prestasi yang paling bersejarah di dunia teknologi. Menurut data terbaru, Android menjadi produk yang paling cepat berkembang dalam sejarah teknologi. (Dikutip dari Phonearena, data dan grafik dari Asymco dan analis Horace Dediu), Android keluar sebagai produk paling sukses dengan jumlah pengguna terbanyak dikomparasi dengan waktu pertama kali dikenalkan.(rex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here