884 Personel Polres Dipersiapkan Amankan Pilpres

0
432
884 Personel Polres Dipersiapkan Amankan Pilpres Hukum
Kabag Ops Polres Bolmong, Kompol Nanang Nugroho

ZONA HUKRIM – Sedikitnya 844 personel aparat kepolisian dipersiapkan untuk mengamanakan 951 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bolmong Raya (BMR) dalam pelaksanaan pemillihan presiden (Pilpres) yang akan digelar 9 Juli pekan ini.

Kepala Bagian (Kabag) Operasi (Ops) Polres Bolmong, Kompol Nanang Nugroho mengatakan, ratusan personel itu terdiri dari 624 pesonel Polres Bolmong, 119 personel gabungan dari Polda Sulawesi Utara (Sulut) serta 101 personel Detasemen Brimob Kompi Inuai.

“Rencananya, BKO dari Polda Sulut dan Brimob Inuai akan tiba esok hari. Mereka akan bertugas selama tiga hari membantu pelaksanaan pengamanan Pilpres,” kata Nanang saat diwawancarai zonabmr.com, usai pelaksanaan apel pengecekan atau serpas pengamanan TPS. Senin (07/7).

Dia menguraikan, polres telah mengelompokan TPS yang dinilai aman dan juga rawan. Dari 951 TPS, terdapat 826 TPS yang dinilai aman, sementara terdapat 122 TPS yang dikategorikan rawan satu dan 3 TPS rawan dua.

“Untuk kategori rawan satu dan rawan dua sebenarnya hanya untuk memudahkan kami untuk menyuplai anggota ke lapangan. Kami memperhitungkan tingkat kerawanan kriminalitas, jarak tempuh dan medan yang harus dilewati,” ujarnya.

Nanag lanjut menambahkan, terdapat tiga desa yang juga dianggap rawan yakni Desa Bukaka Kecamatan Kotabunan, Desa Jiko Belanga Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) dan Desa Kolingangaan Kecamatan Bilalang, Kabupaten Bolmong. “Ketiga desa itu dianggap rawan karena pertimbangan daerah tersebut jauh dan sulit dijangkau,” kata Nanang.

Sejumlah daerah sudah mulai mendistribusikan logistik Pilpres. “Logistik akan dikawal oleh personel Ranmor yang mendapat surat perintah,” tutup Nanang.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here