9 Tahun Menjabat Sekdes, Modal Marwan di Pilsang Kopandakan II

0
237

9 Tahun Menjabat Sekdes, Modal Marwan di Pilsang Kopandakan II Bolmong

ZONA BOLMONG – Pemilihan Kepala Desa atau pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak akan digelar di sejumlah desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (15/12) besok. Sejumlah ASN pun ikut mencalonkan diri bertarung di Pilsang periode 2015-2021, salah satunya Sekertaris Desa (Sekdes) Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, Marwan Palakum SH.

Marwan sendiri termotivasi untuk maju bertarungan di Pilsang Desa Kopandakan II atas dorongan masyarakat setempat. Marwan memang sangat dikenal masyarakat desa, apalagi ia menjabat Sekdes mendampingi mantan Sangadi, Bahrudin Tabilantang selama 6 tahun.

Semasa menjabat itu, banyak apresiasi dari masyarakat karena kontribusinya bersama mantan sangadi telah meninggalkan kesan yang baik dengan bukti-bukti pembangunan di desa yang sekarang dinikmati sendiri oleh masyarakat.

Menurut Marwan, menjadi Sangadi bukanlah cita-cita, namun karena atas permintaan masyarakat dan niat baik ingin membangun desa, hingga akhirnya keinganan maju sebagai calon terwujud, “Ini bukan cita-cita, tapi karena dukungan keluarga dan masyarakat yang mengharapkan saya ikut maju calon Sangadi,” kata Marwan.

Lebih lanjut ayah dua anak ini menjelaskan, semenjak dia menjadi Sekdes, penataan administrasi pemerintahan sesuai aturan yang berlaku berhasil dilakukannya, dan itu mendorong pelayanan agar dapat berjalan lebih baik kepada masyarakat.

“Alhamdulilah sejak saya Sekdes kurang lebih selama 9 tahun, telah berhasil menata administrasi dan mendorong pelayanan kepada masyarakat, sampai waktu saya menduduki Pj. Kades Kopandakan II menggantikan Bahrudin Tabilantang,” terangnya.

“Sejak jadi Sekdes sampai saat ini, alhamdulilah hubungan saya dengan masyarakat selalu baik. Itu salah faktor modal saya bisa diterima oleh masyarakat ikut calon Sangadi,” tambahnya.

Sosok yang selalu akrab dengan lintas generasi di lingkungan desa ini mengatakan, dengan visi terwujudnya Desa Kopandakan II yang religius, tentram, maju dan berkeadilan, ia berjanji jika terpilih menjadi Sangadi Desa Kopandakan II, akan meningkatkan pelayanan dan mengutamakan kepentingan masyarakat.

“Saya berharap jika terpilih nanti, selain ingin membangun desa dan mengutamakan kepentingan masyarakat, saya akan mengangkat juga sumber daya manusia di desa dengan merangkul masyarakat yang memiliki potensi untuk bekerja sama membangun desa. Termasuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk maju menggantikan jabatan Sekdes yang sebelumnya diamanahkan kepada saya selama 9 tahun,” akunya.

Terpisah, Ardi Imban salah satu anggota DPRD Provinsi Sulut juga selaku masyarakat Desa Kopandakan II, mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan kerukunan walaupun berbeda pilihan. Baginya, pada dasarnya semua calon itu maksudnya sama-sama baik, yakni ingin membangun desa.

“Di desa saya soal Pilsang ada dua calon yang ikut. Mereka berdua adalah figur yang masing-masing memiliki kelebihan serta punya karakter jiwa pemimpin yang bagus, tinggal masyarakat yang menilai memilih, memilah siapa yang paling pantas memimpin desa ini,” imbau politisi PAN ini.

Diketahui, di Desa Kopandakan II ada dua calon Sangadi yang akan bertarung besok di Pilsang. nomor urut 1 Marwan Palakum SH dan nomor urut 2 Muhar Laute.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here