Ada Festival Gapura Cinta Negeri Jelang HUT RI

0
155
Ada Festival Gapura Cinta Negeri Jelang HUT RI Kotamobagu
Hendra Makalalag

ZONA KOTAMOBAGU – Masyarakat Kota Kotamobagu diminta ikut serta memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus mendatang. Hal ini disampaikan Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Hendra Makalalag.

Menurutnya, dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-74 RI, akan diadakan festival gapura cinta negeri tingkat rukun warga (RW). Festival gapura itu dilaksanakan secara nasional.

“Kita sudah terima pemberitahuan melalui radiogram yang ditujukan kepada gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia. Nanti pemberitahuan ini akan kita tindaklanjuti ke masyarakat. Untuk saat ini sementara tahap sosialisasi, agar masyarakat atau kelompok masyarakat dapat mempersiapkan kelompok yang ada di lingkungannya untuk merencanakan dan merancang bentuk seperti apa gapura yang akan diikutsertakan dalam lomba,” kata Hendra, kemarin.

Ia menjelaskan, gapura yang akan ditentukan sebagai pemenang lomba berdasarkan semangat gotong royong/kolaborasi, orisinalitas, keasrian, kebersihan, keunikan, kreativitas dan asas manfaat terhadap masyarakat. “Kemudian setiap gapura harus mencantumkan logo HUT RI ke-74 dan unsur ke-Indonesia-an, seperti burung garuda dan motif kedaerahan. Untuk pesertanya adalah perwakilan kelompok masyarakat di tingkat lingkungan atau RW,” jelasnya.

Lanjutnya, pelaksanaan lomba dimulai 8 Juli hingga 31 Juli mendatang. Sedangkan pemenang lomba katanya akan mendapatkan piala presiden dan akan diundang ke Istana Merdeka. “Kita harap kelompok masyarakat dapat berpartisipasi untuk mengikuti lomba. Ini juga bagian dari mempromosikan daerah dan membangkitkan kreatifitas masyarakat, disamping menanamkan semangat patriotisme ke-Indonesia-an. Melalui kegiatan ini juga diharapkan menjadi wahana gotong royong bagi warga untuk membangun persatuan dan kesatuan masyarakat,” tambahnya.(gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here