Akhir September KPUD Boltim Gelar Debat Terbuka Paslon

0
346
Akhir September KPUD Boltim Gelar Debat Terbuka Paslon Boltim
Ketua KPUD Boltim, Awaluddin Umbola, S.Hut

ZONA BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan menggelar debat terbuka terhadap tiga pasangan calon Bupati dan wakil Bupati pada akhir September ini.

Ketua KPUD Boltim, Awaludin Umbola mengatakan, pihaknya akan menggelar debat publik atau debat terbuka terhadap ketiga pasangan calon tersebut sebanyak tiga kali. Hal ini sudah diamanatkan dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2015 tentang kampanye.

“Perencanaan debat akan menyesuaikan dengan PKPU sebanyak tiga kali debat kandidat. kita akan konsultasikan hal terkait dengan debat kandidat,” jelasnya.

Katanya, debat terbuka akan dipandu moderator dari kalangan profesioanl dan akademisi yang mempunya integritas tinggi, jujur, simpatik dan tak memihak.

“Kita akan berkoordinasi juga dengan kalangan akademisi dan profesional untuk merumuskan materi debat dan jadwal. Setelah itu, akan mengundang pasangan calon untuk memberitahukan materi debat,” kata Awaludin.

Dia menambahkan, materi debat sesuai PKPU adalah visi misi calon dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaiakan persoalan daerah, menyerasikan pembangunan daerah dengan nasional dan mempekokoh NKRI serta kebangsaan.

“Materi debat sudah ada di PKPU Nomor 7 Tahun 2015. Yang jelas terkait masalah daerah termasuk mempertajam dan singkronisasi program antara pasangan calon dengan masalah daerah. sehingga, masyarakat bisa melihat visi misi pasangan calon,” bebernya.

KPUD tak akan ada penilaian terhadap jalannya debat. KPUD hanya akan menunjuk moderator dari kalangan Akademisi dan profesional.

“Moderator pun dilarang memberikan komentar penilaian dan kesimpulan terhadap penyampaian materi debat. Kita berencana akan live di dua radio, kalau anggaran cukup. Sebab debat harus disiarkan secara langsung,” ungkapnya.

Dirinya meminta agar ketiga pasangan calon mempersiapkan diri menghadapi debat yang direncakanan akan dimulai akhir pekan ini “Kita berencana, debat pertama akhir September. Kita upayakan debat terakhir ada, diakhir masa kampanye,” ucap, Awaludin kepada sejumlah awak media.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here