Akhir Triwulan III, PAD Bolmong Capai 69 Persen

0
513
Akhir Triwulan III, PAD Bolmong Capai 69 Persen Bolmong
Ilustrasi

ZONA BOLMONG – Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), membeberkan hasil realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, yang hingga pertengahan September baru mencapai 16 miliar dari target 24 miliar.

Kepala Bidang Pajak dan Retribusi PPKAD Bolmong, Hasna Baks SE menguraikan, hasil PAD Bolmong baru mencapai 69,03 % terhitung sejak 16 September 2014. Hasil tersebut kata Hasna, masih terbilang rendah dari target PAD yang ada pada Satuan Kerja Perangat Daerah (SKPD) tertentu.

“Dengan rincian pendapatan pajak di SKPD 55,27 %, Lain-lain pendapatan yang sah ada 145,47 %, retribusi di SKPD 42,29 %, dan Pendapatan kekayaan daerah dipisahkan ada 112,61 persen. Yang minim pajak dan retribusi di tiap SKPD,” ujarnya.

Lanjut Hasna, permasalahan lain juga terletak pada SKPD yang diberikan target yang masih mengacu pada PAD lama sebelum pemekaran. Namun target PAD tersebut tidak bisa dihapus karena persiapan Pemkab Bolmong kedepannya, seperti pajak hotel, dan retribusi perparkiran dan retribusi kepelabuhanan, serta retribusi rumah potong hewan.

”Hanya saja dengan keadaan PAD yang terbilang belum besar hasilnya ini, DPPKAD akan berupaya maksimal melakukan koordinasi kepada pihak SKPD tertentu, agar sisa tiga bulan terakhir PAD Bolmong minimal mencapai 90an persen,” tuturnya.

Senada dikatakan Kepala Dinas PPKAD Bolmong Drs Azhari Sugeha, bahwa PAD Bolmong tetap akan menjadi perhatian dengan memaksimalkan sisa bulan terakhir agar capaiannya bisa maksimal. “Akan dilihat permasalahan potensi yang masih terhambat untuk mencari solusi secepatnya, biar PAD Bolmong bisa maksimal,” tutupnya.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here