Alhabsyi: Kami Minta Pemda Tegas Hentikan Eksploitasi PT BPR

0
433
Alhabsyi: Kami Minta Pemda Tegas Hentikan Eksploitasi PT BPR Boltim
Ketua Komisi I DPRD Boltim, Sofyan Alhabsy

ZONA BOLTIM – Ketua Komisi I DPRD Boltim, Sofyan Alhabsyi menegaskan, agar Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim menghentikan ekspolitasi perusahaan tambang PT Boltim Primanusa Resuources (PT BPR) yang berada di hutan Garini, Desa Buyat, Kecamantan Kotabunan.

“Jangan sampai masyarakat menilai bahwa anggota dewan pun telah main mata dengan perusahaan tersebut. DPRD tidak pernah melakukan deal-deal dengan pihak perusahaan. Untuk itu kami meminta, agar pemerintah daerah tegas menghentikan ekploitasi PT BPR,” ujar Sofyan dalam Paripurna DPRD Boltim, Selasa (11/11).

Sementara itu, Bupati Boltim Sehan Landjar saat diwawancara usai agenda paripurna DPRD mengatakan, dirinya sangat menyesal dengan tingkah laku warga buyat. “Mereka (warga buyat-red) yang mediasi lewat oknum tertentu agar pihak perusahaan masuk. Tapi kenyataannya sebagian dari mereka juga yang melakukan pengerusakan. Saya sangat tidak terima dan selalu disalahkan. Bahkan, saya sendiri dituding menerima dana 2 Miliar dari pihak perusahaan,” kata Bupati, kemarin.

Lanjut Bupati, saya sudah menandatangani hasil telaahan dari Dinas ESDM agar diberhentikan eksploitasi mereka (BPR-red) dan turunkan alat-alat yang berada di lokasi.

“Jangan selalu bupati yang disalahkan. jika salah, saya pastinya yang digugat dan orang buyat tak mampu menangkis saya. Semua harus lewat mekanisme, ada teguran pertama, teguran kedua, jika kooperatif pasti izinya akan dikembalikan. Bahkan saya kira pengawasan ada pada warga buyat, tapi kenyataannya sebagian warga buyat yang merusak hutan garini tersebut,” jelas Eyang, sapaan akrab Bupati.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here