Alisadikin Bacakan Pembelaan

0
365
Alisadikin Bacakan Pembelaan Hukum
Terdakwa Alisadikin saat membacakan pembelaannya

ZONA HUKRIM – Alisadikin Ishak (45) terdakwa kasus penipuan penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Bolmong, kembali disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu Kamis (20/3) pukul 15.00 Wita.

Sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Aris Bawono Langgeng SH MH, anggota Erick I. Christoffel SH dan Nur Dewi Sundari SH. mengagendakan sidang pembelaan terdakwa.

Terdakwa Alisadikin dalam pembacaan pembelaannya di depan Majelis Hakim menguraikan bahwa, setelah dicermati tuntutan jaksa penuntut umum (JPU), maka unsur-unsur dalam pasal 378 KUHPidana tidak terpenuhi. Karena kata terdakwa, sudah jelas bahwa hukum materinya hanya berupa sajian analisa fakta yang sumir (singkat.red) kurangnya alat bukti yang sah mengajukan terdakwa dalam persidangan ini.

Dalam pembelaannya terdakwa menjelaskan bahwa, BAP (berita acara pemeriksaan) yang menjadi dasar dakwaan JPU hanyalah formalitas saja. “Peristiwa-peristiwa yang terangkai dalam BAP tidak cocok dengan apa yang terungkap dalam persidangan, artinya BAP yang dibuat penyidik itu serampangan alias asal jadi,” cecar terdakwa.

Sejumlah uraian pembelaan dibacakan terdakwa sambil berdiri. Dengan penuh keyakinan terdakwa menegaskan pembelaannya, yang kemudian diakhiri dengan permohonan kepada majelis hakim agar dirinya dibebaskan dari dakwaan dan tuntutan serta dinyatakan tidak bersalah.

Majelis hakim usai mendengarkan pembelaan terdakwa menayakan tanggapan Nelson Manahan SH selaku JPU. “Pembelaan terdakwa akan ditangapi,” kata JPU. Hakim kemudian menunda persidangan dengan mengagendakan sidang lanjutan pekan depan.

Diketahui, kasus ini mencuat setelah adanya laporan Zanti Arfa warga Manado yang merasa ditipu terdakwa Alisadikin, terkait perekrutan PNS tahun 2013 lalu. Santi mengaku memberikan uang 20 juta kepada terdakwa untuk diloloskan sebagai PNS, namun karena dirinya mulai menduga ada unsur penipuan, Zanti meminta perjanjian tersebut dibatakan dan meminta uangnya dikembalikan. Upaya tersebut tidak berhasil sebab terdakwa tidak beritikad dan menghindar kata Zanti, hingga dirinya pun melapor ke polisi.(zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here