AMANBOM Serahkan Draf Ranperda Hukum Adat Bolmong

0
419
AMANBOM Serahkan Draf Ranperda Hukum Adat Bolmong Bolmong
Drs Hi Jemmy Lantong

ZONA BOLMONG – Pengurus Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Bolaang Mongondow (AMANBOM), menyerahkan draft rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang pengakuan dan perlindungan hak masyarakat adat dan Ranperda tentang penyelenggaraan kehidupan masyarakat adat, di Bolmong, Kamis (21/08) pekan lalu.

AMANBOM didampingi Komunitas Masyarakat Adat Hulu Ongkag Kecamatan Lolayan, selain menyerahkan Ranperda, juga menyerahkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 52 tentang Pedoman Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat. Ranperda dan Peraturan Mendagri tersebut diserahkan kepada Ketua DPRD Bolmong yang diwakili langsung Wakil Ketua DPRD, Herman Kembuan.

Ketua AMANBOM, Jemmy Lantong mengatakan, pihaknya berharap agar DPRD dapat menseriusi dan menindaklanjuti dengan menetapkan menjadi peraturan daerah.

Lanjut diungkapkannya, saat rapat dengar pendapat dengan DPRD terkait tanah adat di Desa Tanoyan pada awal 2014 lalu, DPRD mendukung disahkan perda adat. Dan sebagai bahan untuk kajian dalam penyusunan perda, DPRD juga meminta pihaknya untuk memberikan referensi tentang perda adat.

“Usai kami bahas dan susun bersama pengurus AMANBOM, kami serahkan ke DPRD. Semoga ini bisa ditindaklanjuti pada tahap selanjutnya, apalagi perda adat menjadi salah satu perda inisiatif DPRD Bolmong,” ungkap Lantong.

Dalam kesempatan itu, Herman Kembuan menegaskan, akan mendukung sepenuhnya pengesahan Perda tentang adat. “Ini adalah hal yang sangat positif dan kami akan menindaklanjutinya,” kata Herman.

Welty Komaling selaku ketua Fraksi PDIP di DPRD Bolmong menegaskan, Perda adat adalah salah satu produk DPRD untuk melindungi hak masyarakat adat di daerah. “Kami akan kawal dan optimis ini bisa menjadi Perda di Bolmong,” ujar Welty yang juga calon Ketua DPRD Bolmong periode 2014-2019 mendatang.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here