Anggaran Dandes Tahap Dua Tersedia

0
450

Anggaran Dandes Tahap Dua Tersedia Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Anggaran Dana Desa (Dandes) bagi 12 desa penerima di Kotamobagu sudah tersedia di kas daerah. Begitu dikatakan Kepala Bidang Anggaran dan Perbendaharaan DPPKAD, Syafrudin Abas, Minggu (18/09) kemarin.

Menurut Abas, sebanyak 12 desa penerima pun sudah bisa mengajukan pencairan Dandes untuk tahap dua tersebut, “Dananya sudah ada. Besarannya itu sisa dari tahap satu sekitar Rp4,2 miliar,” kata Abas.

Sebagaimana syarat yang sudah ditentukan, untuk dapat mencairkan Dandes tahap dua ini, progres realisasi Dandes tahap satu harus berada di atas angka 50 persen. Selain itu, jika ada perubahan atas kegiatan dalam APBDes, maka pemerintah desa harus memasukkan APBDes perubahan.

“Mereka sudah bisa mengajukan untuk pencairan Dandes tahap dua ini, asalkan syarat dan ketentuannya harus diikuti dan dilengkapi,” ujarnya.

Proses pencairan Dandes tahap dua ini, tambah Abas, pihak DPPKAD dan BPMD Pemerintah Kota Kotamobagu telah berkoordinasi untuk melakukan evaluasi terhadap pelaporan penggunaan Dandes. Ini guna dalam proses ke depan, setiap desa penerima sudah bisa menyusun proses pelaporan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kita sudah memintakan ke BPMD untuk bisa mengumpulkan dua belas desa ini, dan kita akan evaluasi bersama. Bagaimana penyusunan SPP-nya untuk pembuatan SPJ, serta lain-lainnya akan kita evaluasi bersama,” ujar Abas.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here