Angka Kematian Ibu dan Anak di Kotamobagu Capai 71 kasus

0
222

Angka Kematian Ibu dan Anak di Kotamobagu Capai 71 kasus Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Angka Kematian Ibu dan anak sampai saat ini masih menjadi indikator yang digunakan untuk melihat besarnya derajat kesehatan pada perempuan. Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu, melalui Kepala Seksi Keperawatan dan Rujukan, Linda Mokodongan mengatakan, untuk tahun 2014 sampai 2015, pihaknya mencatat ada 71 kasus kematian ibu dan anak.

“2015 ada satu kasus kematian ibu, Lahir mati 10 kasus, 8 Penyebab kematian BBLR, Kematian bayi 5, Kematian Anak 1. Yang menjadi penyebab kematian bayi dan anak adalah kelalain kongenital dan atrium septum defec,” urai Linda.

Lanjutnya, di tahun 2014 tercatat ada 4 kasus kematian ibu, lahir mati 26 kasus, kematian neonatal 18 kasus. Kematian bayi 11 kasus, kematian anak 8 kasus dan penyebab kematian radang otak, kelainan jantung, Ispa, diare, Leukimia, Jatuh di sumur dan hanyut di sungai.

Untuk menekan terjadinya kamatian ibu dan anak di wilayah Kotamobagu, tambah Linda, pihaknya telah melakukan upaya pemberdayaan masyarakat agar lebih mengenal tentang pentingnya masalah kesehatan, khususnya masalah kesehatan reproduksi bagi perempuan. “Peran serta masyarakat ini dinilai sangat penting guna menekan angka tersebut,” harap Linda.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here