Angka Kemiskinan Turun di Era Kepemimpinan Tatong Bara

0
261
Angka Kemiskinan Turun di Era Kepemimpinan Tatong Bara Kotamobagu
Tatong Bara

ZONA KOTAMOBAGU – Angka kemiskinan di Kota Kotamobagu terus mengalami penurunan. Di tahun 2016 presentasenya 5,58 persen, sedangkan di tahun 2017 berkurang menjadi 5,09 persen. Hal ini diutarakan Walikota Tatong Bara, saat berada di Desa Bilalang II, Kecamatan Kotamobagu Utara, Senin (5/2). Pernyataan walikota tersebut sekaligus menepis rumor yang berkembang bahwa era kepemimpinannya gagal menurunkan angka kemiskinan.

“Akhir-akhir ini ada pihak tertentu yang menyebarkan isu bahwa pemerintahan saat ini gagal menurunkan angka kemiskinan. Isu itu tidak mendasar, mengada-ada dan terkesan tujuannya untuk menjatuhkan pribadi saya,” kata walikota.

Walikota menerangkan, hasil verifikasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, angka kemiskinan Tahun 2017 berhasil ditekan hingga angka 5,09 persen. Selain angka kemiskinan yang rendah, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), angka harapan hidup, harapan lama sekolah serta pendapatan per kapita adalah yang tertinggi di wilayah Bolmong Raya.

“Untuk angka kemiskinan kita yang terendah kedua setelah Kota Manado. Ini adalah kesuksesan kita semua dan menjadi bukti bahwa masyarakat Kotamobagu sejahtera. Kemudian IPM juga tertinggi di BMR,” kata Tatong.

Tatong mengakui, beberapa hal yang menjadi kendala dalam menekan angka kemiskinan, diantaranya perubahan gaya hidup serta masih ada masyarakat yang belum mampu menepis perkembangan teknologi.

“Bagaimana solusinya agar masyarakat tetap modern tapi mampu menghasilkan pendapatan untuk kebutuhannya?. Caranya adalah memperbaiki struktur ekonomi masyarakat ditopang dengan pemberian modal usaha serta bantuan usaha untuk masyarakat agar bisa mandiri dan mendapat penghasilan untuk menopang kehidupan sehari-hari,” ungkap walikota. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here