Angka Lakalantas di BMR Cukup Tinggi

0
333
Angka Lakalantas di BMR Cukup Tinggi Hukum
AKP Yuriko Fernanda SIK

ZONA HUKRIM – Angka kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) tergolong cukup tinggi. Terbukti, berdasarkan data Satuan Lalulintas Polres Bolmong, angka Lakalantas selang periode April hingga Agustung 2015 tercatat ada 196 kasus.

Dari 196 kasus lakalantas tersebut, 37 korban meninggal dunia, luka para 62 orang, dan luka ringan 97 orang. Selain menimbulkan luka hingga tewas, kecelakaan lalulintas juga menelan kerugian materi yang tidak sedikit berkisar ratusan juta rupiah.

Kasat lantas Polres Bolmong, AKP Yuriko Fernanda,SIK mengatakan, ada beberapa faktor penyebab Lakalantas kerap terjadi, seperti pengedaran mengantuk, jalan rusak dan kelalaian pengendara itu sendiri.

“Banyak terjadinya kecelakaan paling banyak diakibatkan karena kelalaian kita sendri, tidak mematuhi rambu-rambu lalulintas, serta pengendara yang mengkonsumsi alkohol dan sebagainya. Apalagi, saat ini masih banyak pengendara yang ugal-ugalan khusunya di wilayah Kotamobagu. Hal ini merupakan faktor banyak terjadinya lakalantas,” kata Yuriko.

Sebagai langkah untuk menekan angka lakalantas, Kata Yuriko, pihaknya rutin melakukan sosialisasi di tiap sekolah serta memperbanyak patroli. “Selain itu, kami juga selalu mensosiallisasikan baik di media eloktronik maupun media cetak serta siaran radio untuk keselamatan berkendara,” ujarnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here