Aniaya Korban Hingga Cacat Seumur Hidup, 4 Warga Bakan Divonis 9 Tahun Penjara

0
384
Aniaya Korban Hingga Cacat Seumur Hidup, 4 Warga Bakan Divonis 9 Tahun Penjara Hukum
Tampak para terdakwa saat dibacakan putusan oleh Majelis Hakim PN Kotamobagu

ZONA HUKRIM – Pengadilan Negeri (PN Kotamonbagu, Selasa (06/5) menggelar sidang putusan kasus penganiayaan yang menimpa Fendi Manggo warga Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong, yang mengalami cacat seumur hidup akibat dianiaya terdakwa Jon Cs warga yang sama.

Dengan surat putusan nomor 276/PID.B/2013/PN.KTG yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Nur Dewi Sundari SH, menyatakan para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam pasal 338 KHUP jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo pasal 53 ayat 1 KUHP. Dengannya para terdakwa yakni, Jon Mokoagow (32), Jan Mokoagow (29), Tandi Ginoga (26), dan Randy Mokodompit (22), dijatuhi vonis 9 tahun pidana penjara. Sementara terdakwa Jamal Mokodompit divonis 4 tahun 6 Bulan pidana penjara.

Vonis yang dijatuhi Majelis Hakim tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut umum (JPU) Yoga Pratama SH, yang sebelumnya menuntut para terdakwa 10 Tahun penjara, dengan pasal 355 ayat (1) jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Sekedar diketahui, kejadian itu terjadi akhir 2013 silam, saat itu korban sedang berjalan tiba-tiba kelompok Jon Cs masing-masing menggunakan sepeda motor menghampiri korban dan langsung menebaskan parang kearah punggung belakang tubuhnya. Tak hanya itu para terdakwa juga menebaskan parang hingga mengenai kepala hingga korban terjatuh. Tak sampai disitu jon Cs, juga lanjut menghujani korban dengan sabetan parang berkali-kali.

Aksi itu ditengarai adanya perselisihan sejak dari tambang emas tempat mereka bekerja. sebagaimana yang diceritakan korban, lantaran perselisihan itu Jon Cs juga sempat memukulnya di tempat permandian air panas di Desa Bakan beberapa bulan sebelumnya.(zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here