Antisipasi Bencana di Musim Penghujan, Pemkab Bolmong Gelar Rakor

0
215
Antisipasi Bencana di Musim Penghujan, Pemkab Bolmong Gelar Rakor Bolmong
Posko Bencana BPBD Bolmong (F: manadoline)

ZONA BOLMONG – Pekab Bolmong menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Kodim 1303 Bolmong, Polres, PMI, LSM, PDAM, PLN, ORARI, dan Pers, Selasa (02/12) di Lolak. Rakor tersebut digelar terkait kesiapan personil, logistik dan peralatan dalam mengantisipasi bencana.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Bolmong, Djek Damopolii, yang memimpin Rakor tersebut mengatakan, bencana yang datang selalu tidak terduga, untuk itu diperlukan sikap kewaspadaan, ”Bencana datang kapan saja, kita harus selalu siaga dalam menghadapinya,” kata Damopolii.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Channy Wayong, mengatakan, Rakor tersebut menginventarisir kesiapan personel, logistik dan peralatan untuk mengantisipasi ketika terjadi bencana serta langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam penanganan darurat bencana.

“Pemerintah selalu terdepan dalam membantu warga terutama mereka yang terkena musibah bencana. Terlebih saat situasi musim penghujan ini, kita harus waspada, terutama warga yang tinggal dilereng gungung, maupun di dekat aliran sungai,” jelas Channy.

Guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam di saat kondisi iklim memasuki musim penghujan saat ini, Bupati Salihi Mokodongan, sebelumnya telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Bolmong selama 61 hari terhitung sejak 1 November sampai 31 Desember.

BPBD menindaklanjuti dengan mendirikan Pos Komando Siaga Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor sejak 19 November di Kompleks Kantor BPBD Jalan Trans Sulawesi Desa Lalow Kecamatan Lolak.

“Kita membuka layanan call center satu kali dua puluh empat jam via telepon atau pesan singkat di nomor 085255819778 atau di pesawat radio frekuensi 145.990 Mhz 2 M Band (YC8TPK ),” terang Channy.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here