Aplikasi Edupatrol Permudah Pengawasan Siswa di Sekolah

0
207

Aplikasi Edupatrol Permudah Pengawasan Siswa di Sekolah Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Setelah sukses dengan berbagai aplikasi layanan publik dan layanan pemerintahan, Pemerintah Kota (Pemkot) kini sedang merancang Aplikasi Edupatrol atau Education Parental Control. Aplikasi tersebut akan digunakan untuk memudahkan pengawasan siswa di sekolah serta kinerja pegawai yang ada di tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Menurut Wali Kota Tatong Bara, aplikasi tersebut akan memudahkan orang tua dalam mengawasi anaknya di sekolah. Demikian juga dengan aktivitas di tiap SKPD yang akan terpantau lewat aplikasi Edupatrol. “Dengan aplikasi ini, orang tua dapat mengontrol perkembangan maupun keberadaan siswa, baik jam masuk dan pulang sekolah, mata pelajaran di kelas maupun hasil ujian. Aplikasi ini juga bisa dengan mudah digunakan lewat telepon seluler,” katanya, usai pertemuan dengan PT BNI Persero Tbk Cabang Kotamobagu yang akan bekerja sama dalam implementasi penerapan aplikasi tersebut, Selasa (13/11)

Lanjutnya, penggunaan aplikasi tersebut akan dimulai Tahun 2019 mendatang. “Para siswa nantinya akan menggunakan smart card sebagai akses masuk gerbang sekolah dan ruang kelas belajar. Tahap awal ini akan diterapkan di SD Negeri 2 Kotamobagu dan SMP Negeri 4 Kotamobagu, termasuk salah satu kantor SKPD,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Data Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Rudy Yuanto Uno, mengungkapkan pihaknya akan segera mensurvey, sekaligus menghitung dan mendata kebutuhan infrastruktur sekolah-sekolah dan SKPD yang akan dijadikan percontohan penggunaan aplikasi tersebut. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here