Aplikasi Real Qount Siap Digunakan

Aplikasi Real Qount Siap Digunakan Kotamobagu
Hendra Makalalag

ZONA KOTAMOBAGU – Aplikasi real count milik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), siap digunakan pada pemilu 17 April mendatang. Aplikasi yang dirancang bersama tim IT Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) itu telah melalui proses uji coba, dan akan segera disosialisasikan soal tata cara penggunaannya ke para relawan yang ada di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sekretaris Badan Kesbangpol, Hendra Makalalag, mengatakan sosialisasi akan dilaksanakan selama dua hari, mulai Kamis (11/4) dan Jumat (12/4). “Aplikasinya sudah siap. Minggu ini kita sosialisasikan ke semua relawan TPS. Nanti mereka (relawan TPS) akan kita undang ke kantor. Untuk Hari Kamis, giliran relawan TPS yang ada di Dapil Kotamobagu Utara-Timur. Kemudian Jumat relawan di Dapil Kotamobagu Selatan dan Kotamobagu Barat,” kata Hendra, kemarin.

Dalam sosialisasi itu, ia mengungkapkan para relawan akan diajari soal penggunaan aplikasi tersebut. Caranya kata dia sangat mudah, tiap relawan hanya mengirim data perolehan suara di masing-masing TPS melalui aplikasi tersebut. Setelah terkirim, data tersebut secara otomatis akan terbaca oleh sistem. “Ini untuk semua, mulai dari Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, sekaligus juga suara masing-masing caleg dan partai politik,” jelasnya.

Ditambahkannya, aplikasi real count tersebut akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan hasil penghitungan suara pada Pemilu. “Ini real count bukan quick qount. Jadi datanya rill karena bersumber dari relawan TPS,” tambahnya. (trz)

Leave a Response