April, UPTD PBB-P2 Kotamobagu Distribusikan SPP-DT

0
286

April, UPTD PBB-P2 Kotamobagu Distribusikan SPP-DT Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Pajak Bumi Bangunan Perdesaan Perkotaan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah atau Bangunan (PBB-P2 dan BPHTB) berencana mulai mencetak Surat Pemberitahuan Pajak Daerah Terutang (SPP-DT) akhir bulan ini. Selanjutnya, SPP-DT tersebut akan didistribusikan kepada para sangadi dan lurah.

Kepala UPTD PBB-P2 dan BPHTB, Saifudin M. Imban mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pendataan terhadap semua objek pajak, “Jika sudah tuntas, maka akhir bulan ini sudah dimulai pencetakan. Kemudian awal bulan depan mulai kita bagikan,” katanya.

Saifudin lanjut menjelaskan, target PBB-P2 yang ditargetkan tahun ini mencapai angka Rp2,8 miliar dari 30-an ribu objek pajak. Jumlah tersebut katanya, lebih besar jika dibandingkan dengan target tahun sebelumnya yang hanya berada pada angka Rp2,3 miliar, “Tahun lalu realisasinya hanya Rp1,8 miliar. Untuk tahun ini kami optimis bisa memenuhi target yang diberikan,” akunya.

Tambah Saifudin, pihaknya kembali melakukan pendataan objek pajak yang belum terdata. Ia mencontohkan, beberapa bangunan dan tempat usaha yang belum diambil kewajiban pajaknya, “Seperti Hotel Sutanraja. Itu kita data kembali agar masuk dalam daftar objek pajak. Kemudian ada juga beberapa bangunan baru lainnya. Pencetakan SPP-DT kemungkinan hanya satu minggu, setelah itu langsung didistribusikan,” ungkapnya.

Ia berharap, para sangadi dan lurah proaktif dalam penagihan pajak. Sehingga target yang diberikan bisa dimaksimalkan, “Setelah SPP-DT terbit langsung bergerak. Kita target realisasi tahun ini bisa mencapai besaran angka yang diberikan,” harapnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here