ASN Diminta Siapkan Fisik dan Mental Jelang Pensiun

0
365

ASN Diminta Siapkan Fisik dan Mental Jelang Pensiun Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Menjelang masa purna bakti, para ASN diminta untuk mempersiapkan fisik maupun mental. Hal itu dimaksudkan sebagai gambaran aktivitas yang akan dilakukan setelah mengakhir masa tugas agar tidak mengalami post power syndrom (syndrom kekuasaan dan pengakuan sosial).

Kepala Badan Kepegawaian Diklat Daerah, Adnan Massinae mengatakan, pembekalan bagi ASN yang akan mengakhir masa tugas penting untuk dilakukan. Sebab, tak sedikit ASN atau pejabat yang setelah pensiun mengalami post power syndrom, karena tak siap secara mental.

“Banyak yang berhasil tapi banyak pula yang stres. Ini yang kita hindari. Sehingga itu perlu ada persiapan secara matang sebelum pensiun, agar saat tiba waktunya kita tidak terbebani dan bisa menikmatinya,” ujar Adnan, usai kegiatan pembekalan purna bhakti ASN, di aula Kantor Wali Kota, kemarin.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan itu bisa mendorong para ASN untuk produktif setelah pension, “Harus ada aktifitas lain setelah mengakhir masa tugas. Baik itu membuka usaha, menjadi narasumber ataupun mengeluti profesi lainnya,” harap Adnan.

Diketahui, saat ini ada 76 ASN akan pensiun di akhir tahun. Selain itu, terdapat pula 54 ASN yang akan mengakhiri masa tugas di tahun 2017.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here