Awal 2016, Seorang PNS Kotamobagu Dipecat

0
278

Awal 2016, Seorang PNS Kotamobagu Dipecat Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu nampaknya tidak segan-segan menindak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tidak disiplin. Terbukti, di awal Tahun 2016 ini, seorang PNS berinisial FY yang bertugas di Kantor Kelurahan wilayah Kota Kotamobagu dipecat.

Pemecatan itu lantaran FY sudah 144 hari (Sejak Januari hingga Oktober 2015) tidak pernah masuk kantor. Dasar pemecatan sudah melalui beberapa tahapan antara lain, tentang Penjatuhan Hukuman Disiplin Teguran Lisan; tentang Penjatuhan Hukuman Disiplin Teguran Tertulis; dan tentang Penjatuhan Hukuman Disiplin Pernyataan Tidak Puas.

Di samping itu, dasar lainnya adalah BAP, sekaligus laporan dari atasan langsung dan 2 kali Surat Ketua Majelis Kode Etik PNS, perihal Panggilan I dan II (yang bersangkutan tidak hadir).

Atas dasar tersebut, Pemkot menilai perbuatan FY merupakan pelanggaran terhadap ketentuan Bab II pasal 3 PP No 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Itu dipertegas pada pasal 10 point (9) huruf (d) yang menyebutkan, pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS, bagi PNS tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah selama 46 hari kerja atau lebih.

Karenanya kepada yang bersangkutan dijatuhkan hukuman disiplin setimpal dengan pelanggaran disiplin yang dilakukannya. Apalagi perbuatan PNS tersebut sangat berpengaruh pada lingkungan kerja dan berdampak pada PNS Kota Kotamobagu pada umumnya.

Kepala BKD Kotamobagu, Adnan Massinae mengatakan, sebagai seorang abdi negara dituntut dengan disiplin, “Apalagi pada tahun 2016 ini Pemerintah telah menaikan TPP, tentunya dengan hal ini harus disesuaikan dengan kinerja,” kata Massinae saat dikonfirmasi zonabmr.com, Senin (11/01).

Dirinya pun mengimbau, dengan adanya putusan tersebut PNS Kotamobagu ke depan akan lebih baik lagi, “Saya berharap di tahun-tahun ke depan tidak ada lagi PNS yang seperti ini,” pungkas Massinae.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here