Bahas IUP, Bupati Boltim Hadiri Pertemuan Bersama KPK

0
357
Bahas IUP, Bupati Boltim Hadiri Pertemuan Bersama KPK Headline
Bupati Boltim, Sehan Landjar,SH

ZONA BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Lanjdar, mengikuti rapat monitoring dan evaluasi yang selenggarakan oleh Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) RI di Grand Ballroom Hotel Magna Kota Gorontalo, sejak Selasa (09/6), hingga Kamis (11/9) hari ini.

Dengan tajuk ‘Monitoring dan Evaluasi Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam Indonesia Sektor Pertambangan, Kehutanan dan Perkebunan’, pertemuan tersebut dipimpin Wakil Ketua KPK Zulkarnain, Dirjen Perkebunan, Dirjen Mineral dan Batubara, serta diikuti kepala daerah dari 4 propinsi yakni Sulut, Sulbar, Gorontalo dan Maluku Utara.

Pelaksanaan pertemuan tersebut sebagai tindaklanjut agenda Gerakan Nasional (Gernas) Penyelamatan Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia, yang telah ditandatangani oleh 20 kementerian, 7 lembaga dan 34 propinsi, di Jakarta pada tanggal 19 Maret 2015 lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Boltim hadir beserta jajaran instansinya yakni Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Boltim. Hal itu dibenarkan Kepala dinas ESDM, Jamaluddin. Kata dia, sebelumnya pihak KPK sudah melayangkan surat pertanyaan sebanyak 46 poin untuk dijawab para kepala daerah yang diundang. “Jadi harus dijawab yang batasan waktunya hingga bulan Juni ini,” singkat Jamaluddin.

Informasi yang dirangkum zonabmr.com, pertemuan itu menargetkan penyelesaian penataan IUP yang terkesan sulit terealiasi karena proses verifikasi dan validasi yang melibatkan pemerintah kabupaten/kota dan provinsi, yang infrastrukturnya tidak merata.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here