Bahaya Terlalu Lama Main CoC

Bahaya Terlalu Lama Main CoC Kesehatan
Clash of Clans

ZONA KESEHATAN – Clash of Clans atau biasa di sebut CoC adalah game online berbasis sistem operasi iOS dan Android, yang begitu digemari dan menjadi tren di dunia, khususnya kalangan remaja dan dewasa di Indonesia. Namun perlu diketahui, ternyata permainan tersebut mempunyai dampak negatif bagi kesehatan. Salah satu faktor negatif dari game online tersebut adalah dapat merusak syaraf pada mata.

Mata adalah organ tubuh yang paling mudah mengalami penyakit akibat terlalu sering memfokuskan bola mata ke layar ponsel. Tampilan layar yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata.

Pancaran radiasi layar ponsel akan menyebabkan mata menjadi kering, perih, dan mengakibatkan penggunanya susah untuk menfokuskan pandangan ke objek lain, bahkan efek paling parahnya adalah mata menjadi rabun.

Berdasarkan hasil penelitian, 77 % para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan pada mata, mulai dari rasa pegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata berair, sampai pada iritasi mata bahkan kemungkinan katarak mata.

Menurut sebuah laporan terbaru dari Vision Council (Asosiasi Perdagangan Nirlaba), rata-rata seseorang di zaman sekarang menghabiskan waktu sekitar 9 – 12 jam per-hari di depan layar, baik layar ponsel, tablet, computer dan televisi.

Seorang professor bernama Doughlas Lazzaro mengatakan, menatap layar secara terus-menerus bisa menyebabkan sejumlah masalah, khususnya pada mata. Semakin lama seorang melihat layar monitor atau layar gadget lainya, ketegangan mata akan meningkat dan hal ini bisa menyebabkan sakit kepala.

Di Kota Kotamobagu, tak jarang kita melihat para pengguna gadget bermain game ini. Di sekolah, di kantoran, di jalanan dan yang paling banyak di temui seseorang menghabiskan waktunya duduk seharian di warung kopi hanya untuk bermain game CoC.

Salah satu warga Kotamobagu, Hafiz Limbanadi (23) mengaku sudah ketagihan dengan game ini sejak enam bulan terakhir. “Saking asiknya bermain hingga lupa waktu, saya bahkan tidak tidur semalaman hanya untuk bermain CoC. Efeknya, saat ini mata saya sudah mulai tidak focus jika melihat jarak pandang yang jauh,” kata Hafiz saat diwawancarai zonabmr.com di warung kopi (22/1).

Berikut ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan pada mata anda;

Jarak Pandang; Jauhkan layar kurang lebih 20-30 inci atau sekitar panjang lengan dari pandangan mata Anda. Usahakan agar layar sejajar dengan arah pandang mata Anda.
Atur Cahaya ponsel agar tidak terlalu silau atau terlalu redup. Jika cahaya terlalu terang, gunakan filter atau pelindung anti-silau. Jangan lupa untuk mengatur brightness untuk mendapatkan kontras yang tepat antara huruf dan latar belakang.
Posisi; Jangan bermain game ini dalam posisi tidur dan gelap.
Kedipkan Mata sesering mungkin saat memfokuskan pandangan.
Mengistirahatkan Mata diusahakan ketika sudah terlalu lama depan layar
Makanan Untuk Mata; Perbanyak mengkonsumsi makanan dan buah-buahan bervitamin yang baik untuk kesehatan mata. Hal ini wortel adalah makanan yang paling baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung Vitamin A.

Semoga bermanfaat…

Peliput: Ady Imban

Leave a Response