Bakal Calon Bupati Boltim Ramai Diperbincangkan, Ada Politisi dan Juga Birokrat

Bakal Calon Bupati Boltim Ramai Diperbincangkan, Ada Politisi dan Juga Birokrat BMR Boltim Politics
Ilustrasi

ZONA POLITIK – Meski pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) baru akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang, namun sejumlah nama yang bakal bertarung dihajatan lima tahunan ini mulai ramai diperbincangkan.

Nama-nama yang hangat dan tak pernah luput dari diskusi dan perbincangan baik di media sosial maupun langsung oleh masyarakat itu adalah mereka yang berlatar belakang politisi maupun birokrat. Siapa saja mereka?, berikut ulasannya:

 

Sam Sachrul Mamonto

Siapa yang tak kenal dengan Sam Sachrul Mamonto (SSM). Dia adalah mantan komisioner KPU Bolmong (sebelum pemekaran), pernah menjabat Ketua DPD PAN sekaligus Ketua DPRD Boltim, serta pernah menjadi salah satu kontestan Pilkada Boltim pada tahun 2015. SSM saat ini adalah figur yang paling banyak diperbincangkan. Kehadirannya di Pilkada 2020 menjadi yang paling dinanti-nantikan. Bahkan dari perbincangan di tengah masyarakat, SSM yang berpeluang besar di usung Partai Nasdem ini disebut-sebut menjadi satu-satunya calon bupati yang paling siap bertarung di Pilkada Boltim.

Dengan siapa SSM akan berpasangan di Pilkada?. Menarik untuk dinanti.

Oskar Manoppo

Selain Sam Sachrul Mamonto, ada nama Oskar Manoppo yang disebut-sebut akan ikut ambil bagian pada Pilkada mendatang. Oskar yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) Boltim ini bakal menjadi penantang serius peserta Pilkada lainnya.

Apakah Oskar akan maju sebagai calon bupati atau calon wakil bupati?. Kita tunggu saja.

Fuad Landjar

Fuad Landjar adalah putra Bupati Boltim dua periode, Sehan Landjar. Fuad baru terpilih di Pileg tahun ini dan berpeluang besar menjadi Ketua DPRD Boltim. Nama Fuad ramai diperbincangkan publik akan maju di Pilkada Boltim dengan PAN sebagai kendaraan politiknya. Apakah Fuad akan rela meninggalkan kursi ketua atau anggota DPRD Boltim demi maju di Pilkada?. Kita lihat saja.

Nursiwin Dunggio

Nama Nursiwin Dunggio juga tak luput dari perhatian publik. Istri Bupati Sehan Landjar itu banyak disebut dalam setiap perbincangan. Jika Nursiwin yang baru saja terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Sulut maju di Pilkada Boltim, maka bisa dipastikan Bupati Sehan Landjar akan menjadi aktor dibalik layar untuk memenangkannya. Kita tunggu saja.

Medy Lensun

Ketua DPC PDI Perjuangan Boltim, Medy Lensun, disebut-sebut akan kembali bertarung di Pilkada Boltim. Mantan wakil bupati Boltim periode 2010-2015 itu berpeluang diusung PDI Perjuangan yang pada Pileg tahun ini berhasil mempertahankan raihan tiga kursinya di DPRD Boltim. Sebuah hal yang mustahil jika PDI Perjuangan hanya menjadi penonton di Pilkada mendatang. Menarik untuk dinanti.

Rusdi Gumalangit

Masyarakat Boltim tidak asing lagi dengan nama Rusdi Gumalangit. Ia adalah wakil bupati periode saat ini. Nama Rusdi ramai diperbincangkan masyarakat akan maju bertarung di Pilkada. Sangat disayangkan jika Rusdi yang lima tahun lalu telah mengundurkan diri sebagai birokrat kemudian melewatkan momentum Pilkada 2020. Apakah Rusdi akan maju sebagai calon bupati atau kembali sebagai calon wakil bupati?, kemudian dengan siapa ia berpasangan?, dan partai apa yang akan menjadi kendaraan politiknya?. Jawabannya akan diketahui bersama pada tahun 2020 nanti.

Nama-nama yang disebutkan di atas adalah yang paling banyak ramai diperbicangkan masyarakat sebagai calon bupati. Bukan tidak mungkin juga nama-nama itu akan maju bersama alias saling berpasangan sebagai calon bupati dan wakil bupati.

Selain nama-nama itu, ada juga sejumlah nama yang ramai diperbincangkan sebagai calon wakil bupati. Mereka adalah; Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Rusmin Mokoagow, Ketua DPC Demokrat Tomy Sumendap, Anggota DPRD Argo Sumaiku serta Anggota DPRD Provinsi Sulut Rocky Wowor. (***)

Leave a Response