Bangun Bumi Perkemahan, Dispar Jadikan Gunung Ambang Destinasi Ekowisata

0
84
Bangun Bumi Perkemahan, Dispar Jadikan Gunung Ambang Destinasi Ekowisata Boltim Mobile Wisata
Kawasan gunung ambang (istimewa)

ZONA BOLTIM – Dinas Pariwisata bakal menyulap kawasan Gunung Ambang menjadi destinasi ekowisata di Kabupaten Bolmong Timur (Boltim). Tak tanggung – tanggung, kawasan tersebut bakal dibangun bumi perkemahan.

Rizky Lamaluta, Kepala Dispar Boltim, menuturkan, sudah menyusun berbagai perencanaan terhadap lokasi tersebut, seperti fasilitas toilet hingga resting area. “Fasilitas itu tujuannya membuat pengunjung semakin betah berkunjung di kawasan Gunung Ambang,” tuturnya.

Tidak hanya itu, dalam menyambut libur lebaran nanti, pihaknya pun tengah menata kembali sejumlah destinasi wisata yang tersebar di daerah itu. “Sudah disiapkan wisata buatan Atoga River View (ARV) Out Bound, dan wisata alam Danau Mooat, Tanjung Silar, dan Pulau Nenas. Alat untuk Snorkling pun akan kami siapkan,” ungkapnya.

Menurutnya, lokasi-lokasi tersebut menjadi incaran wisatawan lokal menghabiskan waktu lenggang bersama keluarga selama libur lebaran mendatang. “Gunung Ambang sendiri kami rencanakan akan bangun bumi perkemahan. Sedangkan, Air Terjun Dodandian di Desa Matabulu, kami minta itu dikelola menggunakan Dana Desa (DD) layaknya objek wisata di Atoga Timur yang sudah maju dan terkenal,” tukasnya.

Ia pun berharap, penataan objek wisata desa wajib didukung oleh pemerintah desa setempat. Langkah itu, dalam rangka menggenjot promosi potensi wisata daerah. “Desa silahkan saja menggenjot potensi wisata mereka. Silahkan tiru manajemennya dari desa yang sudah lebih dulu  mengelola destinasi wisatanya,” imbuhnya. (iza)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here