Bangun Jalan Masuk SMK Tutuyan Harus Ada Pembebasan Lahan

0
438
Bangun Jalan Masuk SMK Tutuyan Harus Ada Pembebasan Lahan Boltim
Tampak kondisi jalan menuju SMK Tutuyan

ZONA BOLTIM – Akses jalan menuju Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tutuyan tepatnya di Desa Tombolikat Selatan, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang mongondow Timur (Boltim) dalam waktu dekat akan dibangun.

Hal itu sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pendidikan nasional (Diknas) Boltim, Yusri Damopolii, Rabu, (12/08) siang tadi. Kata dia, pembangunan akses jalan tersebut telah diusulkan ke pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Boltim, dan saat ini sementara diproses.

“Akses jalan SMK Tutuyan tepatnya di Tombolikat Selatan dengan panjang sekitar 500 meter dari pemukiman warga. Dalam waktu dekat rencanannya akan dibangun (aspal.red). Akses ini harus dibuatkan jalan mengingat di pemukiman warga ada gedung sekolah,” ujar Yusri.

Lanjutnya, siswa-siswi yang bersekolah di SMK tersebut hanya kelas 1. kelas 2 dan 3. Dan kegiatan belajar mengajar masih di gedung SMA Tutuyan. “Untuk jumlah siswa kelas 1 SMK di Tombolikat selatan ada hampir 200-an siswa yang memang sudah masuk di gedung sekolah baru tersebut beberapa pekan kemarin,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas PU Boltim melalui sekretarisnya, Syukri Tawil menjelaskan, usulan yang menyangkut seluruh pembangunan jalan memang sudah masuk ke pihaknya. Namun, karena keterbatasan dana maka ada beberapa kegiatan yang dipending pembangunannya disebabkan masih ada yang lebih diprioritaskan.

“Memang usulan seluruh pembangunan jalan di Boltim sudah ada di Dinas PU, tetapi kita lihat mana yang sangat urgen. Sebab kita keterbatasan dana.” Ujar Tawil.

Dia menambahkan, untuk akses jalan menuju SMK Tutuyan yang ada di desa Tombolikat Selatan tersebut, tentu akan dilakukan pembangunannya tapi harus ada pembebasan lahan dari warga setempat, “Sebab pembangunan jalan tersebut masuk jalan Desa Tombolikat jadi harus ada pembebasan lahan. Dan untuk tahun ini seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan jalan akan segera dituntaskan.” papar Tawil.

Diketahui, Gedung SMK baru tersebut memiliki ruangan yang sudah bisa difungsikan yakni, 3 ruangan untuk belajar mengajar, 1 ruangan guru, 3 ruangan laboratorium, serta 3 ruangan belajar mengajar yang saat ini pekerjaan pembangunnanya sementara jalan.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here